Pembayaran AdSense Untuk Sementara Tertunda

Pada bulan November 2018 ini, publisher adsense sepertinya harus bersabar, sebab hingga tanggal 27 November 2018 pukul 08.00 WIB (saat artikel ini dibuat) status di dasbor adsense masih tertulis  “Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening…”

Padahal, biasanya setiap tanggal 21 atau 22  di email ada pemberitahuan yang berisi “Google AdSense: Periksa pembayaran terbaru Anda.” Ada apa ini?

Pembayaran adsense tertunda

 

Pembayaran AdSense Tertunda

Jika menu pembayaran (payment) di dasbor adsense, ada pemberitahuan “Pembayaran otomatis tertunda: …” Artinya, administrasi pembayaran telah dilakukan oleh pihak adsense, namun masih tertunda yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalkan belum verifikasi akun, belum menyiapkan bentuk pembayaran, akun sedang ditinjau untuk kepatuhan kebijakan atau tanggal 21 jatuh pada akhir pekan atau hari libur.

Seperti kita ketahui bahwa Google adsense akan mengeluarkan pembayaran antara tanggal 21 dan 26 pada setiap bulan, jika saldo telah melebihi ambang batas pembayaran yang telah ditentukan. Namun, pada bulan Nopember ini, hingga tanggal 27 masih belum ada pemberitahuan “pembayaran telah diselesaikan (paid)”

Keterlambatan ini bukan hanya dialami oleh publisher Indonesia saja, melainkan oleh publisher adsense di dunia terutama yang menggunakan transfer bank dengan mata uang dollar. Beberapa publisher Indonesia mengatakan bahwa sudah ada yang menerima pembayaran bulan ini, memakai western union (WU) atau transfer bank rupiah.

Saya menggunakan transfer bank dollar, hingga saat ini (27 Nov) masih tertulis “Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening… sebesar $….” di dasbor adsense.

Awalnya, saya mengasumsikan bahwa keterlambatan pembayaran adsense disebabkan oleh:

  1. Kamis, tanggal 22 november 2018, di USA merupakan hari libur nasional yaitu “Thanksgiving day”.
  2. Pada hari Jumat 23 November 2018 merupakan “Black Friday”. Meskipun bukan hari libur resmi nasional, namun sebagian kantor bisnis libur.
  3. 24-25 merupakan akhir pekan.

Sehingga perkiraan, pembayaran akan dilakukan tanggal 26 mengingat tanggal tersebut merupakan jadwal hari terakhir pembayaran adsense.

Namun, sampai hari ini masih belum juga ada pemberitahuan “Periksa pembayaran terbaru Anda” di gmail, maka saya mencoba mencari tahu penyebab atau alasan sebenarnya di forum bantuan adsense.

Ternyata banyak juga yang menanyakan masalah “Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening…” Bahkan ada yang mem-vonis scam. Pihak google sendiri belum mengeluarkan pernyataan penyebab delay Pembayaran AdSense hingga menambah kegalauan publisher.

Informasi justru datang dari bantuan Youtube yang diliris pada 18:18 UTC 26 November 2018 tentang Pembayaran AdSense untuk sementara tertunda. https://support.google.com/youtube/answer/9193499?hl=en

Pembayaran AdSense Tertunda.

Sejak 22 November, Anda mungkin mengalami keterlambatan dengan pembayaran AdSense Anda untuk bulan Oktober. Ini memengaruhi beberapa pembuat konten yang merupakan bagian dari Program Mitra YouTube. Kami menyadari masalah ini dan berupaya mengatasinya. Anda dapat memeriksa kembali di sini untuk pembaruan tentang kemajuan perbaikan.

Ada juga salah seorang publisher yang mengirimkan pemberitahuan dari AdMob Google

Tentu saja, sebagai publisher adsese tidak dapat berbuat apa. Hanya bisa menunggu dan menunggu. Namun saya percaya Google adsense bukan scam dan kesalahan teknis bisa menimpa siapa saja termasuk untuk perusahaan besar seperti Google, seperti halnya YouTube: Error 500 Internal Server.

UPDATE:

Ini ada pernyataan dari bantuan Adsense berkaitan dengan Beberapa pembayaran bulan November masih menunggu keputusan.

Beberapa dari Anda mungkin telah memperhatikan bahwa pembayaran bulan November Anda masih ditandai sebagai “menunggu keputusan”. Yakinlah kami bekerja keras untuk menyelesaikan pembayaran Anda secepat mungkin. Anda tidak perlu melakukan tindakan tambahan, dan Anda tidak perlu menghubungi kami mengenai pembayaran bulan November Anda. Segera setelah masalah diperbaiki, Anda akan melihat status pembayaran bulan November Anda diperbarui.

Terimakasih banyak atas pengertian Anda.

Terakhir diperbarui: 26 November 2018

https://support.google.com/adsense/answer/1067521?hl=en

Jadi kesimpulan adalah: Sistem  pembayaran adsense mengalami masalah.

 

Pembayaran AdSense November 2018 Untuk Sementara Tertunda 

3 Comments on “Pembayaran AdSense Untuk Sementara Tertunda”

  1. Akhirnya, pada 27 Nopember 2018, pukul 13.49 ada pemberitahuan “Kami telah mengirim pembayaran ke rekening bank Anda untuk penghasilan Google AdSense Anda pada tanggal 26 Nov 2018.”

Tinggalkan Balasan