Memasang Kode Script Iklan MGID di Blogspot

Bagi para blogger yang menggunakan platform blog dari blogger.com yaitu blogspot terkadang mengalami masalah dalam memasang script dari pihak ke tiga karena memakai blogspot menggunakan XML. Namun itu bukan menjadi masalah karena bisa diatasi. Seperti halnya pemasangan kode Script Iklan MGID akan mendapat masalah jika dipasang sesuai kode yang didapat.

Permasalahan pemasangan kode Script Iklan yang diberikan MGID di blogspot ini muncul jika kode script diletakkan pada area artikel (di atas, di tengah atau di bawah artikel blog) lewat template tema atau edit html. Namun tidak ada masalah jika di letakkan pada sidebar melalui tata letak (layout).

Memasang Kode Script Iklan MGID

Setelah menjadi publisher MGID, tentunya akan membuat iklan pada blog yang ada. Untuk itu, publisher diwajibkan membuat widget iklan pada dasbor yang ada. Setelah widget dibuat dan disimpan akan muncul kode script iklan MGID yang harus dipasang di blog.

Berikut contoh Kode Script Iklan MGID dari widget yang telah dibuat

Kode script iklan MGID

Jika kode script iklan MGID tersebut langsung ditambahkan pada edit html di template blogspot akan mengalami error dan tidak dapat disimpan. Akan muncul peringatan (dalam bahasa Indonesia):

Kesalahan saat mengurai XML, baris 0000, kolom 000: Element type “ht” must be followed by either attribute specifications, “>” or “/>”

 

Kesalahan disebabkan oleh tag kode <script>. Untuk memperbaiki agar bisa valid dan disimpan, cukup mengubah:

  • kode <script> menjadi: <script type=’text/javascript’> //<![CDATA[
  • kode </script> menjadi: //]]></script>
  • Kemudian simpan.

Jika kode iklan MGID ditambahkan di sidebar, header atau footer melalui tata letak (layout) dengan menambah gadget HTML/JavaScript. BUKAN edit template, tidak ada masalah jika kode tidak diubah.

Catatan:

Setelah kode iklan MGID dipasang, iklan tidak langsung tampil. Tunggu beberapa waktu (tapi nggak sampai 30 menit), iklan akan muncul di blog.

Tertarik menjadi publisher MGID? Gratis kok… dan bisa sebagai alternatif mendapatkan penghasilan lewat blog.  Daftar MGID.

Semoga artikel diatas menjawab permasalahan pemasangan kode Script Iklan yang diberikan MGID untuk blog yang menggunakan platform blogger.com atau blogspot.

 

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

17 Comments

  1. Hallo Mas, saya sudah paraktikkan cara yang mas beri, Namun, ada yang tidak muncul iklan MGIDnya teruma bagian di bawah artikel. Lalu, saya coba cari ads.txt di halaman dasbor MGID malah tidak ada. Apakah ada solusi lain dari permasalaha itu, Mas? Salam.

    1. ads.txt itu perlu. Lihat di dasbor MGID kanan atas, ada tombol ads.txt untuk semua blog yang dipasang MGID (atau klik dulu nama blog, kemudian lihat ads.txt-nya)
      Copy dan paste-kan di blogger.com. Lokasinya: Setelan > preferensi penelusuran > monetisasi > edit

  2. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara setingnya agar tampilannya menyesuaikan dengan blog, iklan mgid yg saya pasang ketika di akses melalui dekstop menjadi besar banget, untuk mobile juga menjadi besar.

Tinggalkan Balasan