Mencari Penghasilan Lewat YouTube

YouTube dapat menjadi alternatif penghasilan bahkan ada yang menjadikan sumber utama penghasilan. Semua orang bisa memperolehnya. Yang perlu dilakukan adalah menjadi anggota YouTube (otomatis jika telah memiliki akun google) dan memiliki sebuah Channel di Youtube, mengunggah video, monetize serta memiliki akun Google adsense sebagai pembayaran. Tentu saja, semua persyaratan-persyaratan harus sesuai dan mematuhi dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, agar bisa mendapatkan hasil.

Seperti yang kita ketahui, YouTube merupakan sebuah situs web yang menampilkan berbagai macam konten video, seperti klip film, klip TV, Musik dan video amatir. Youtube yang dibuat pada Februari 2005, telah diakuisisi oleh Google pada November 2006, dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

monetisasi youtube

 

Tips dan Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube 

Bagaimana cara agar video di Youtube menghasilkan uang?

Setelah video kamu kirimkan dan disetujui untuk dimonetisasi, YouTube akan menempatkan iklan di dalam atau di dekat video. Setelah kamu mengaitkan akun AdSense dengan akun YouTube, Anda akan memperoleh penghasilan yang dihasilkan dari iklan.

Berapa banyak yang akan dihasilkan oleh video saya?

Penghasilan akan tergantung pada sejumlah faktor. Dua faktor kuncinya adalah jenis iklan dan harga iklan yang muncul dengan video Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa mulai tahun 2018, untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube ada persyaratan khusus, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang sangat mudah untuk memonetisasi. Saat ini ada syarat utama untuk memonetisasi channel Youtube yaitu minimal memiliki 1000 subscriber dan video yang ada di dalam channel telah ditonton minimal 4000 jam dalam setahun (berjalan). Keduanya harus terpenuhi jika akan mengajukan monetize.

Memang sedikit berat bagi pemula, juga untuk youtuber lama yang belum memenuhi syarat. Namun itu bukan menjadi masalah jika mau berusaha. Untuk itu, berikut ada beberapa tips bagi Youtuber agar sukses mendapatkan minimal 1000 subscriber dan mendapatkan minimal 4000 jam tonton video sebagai syarat untuk memperoleh penghasilan dari video yang telah diunggah.

1.  Buat Nama Channel Menarik.

Nama channel youtube menarik dan kreatif terkadang bisa membuat penonton tertarik, meskipun ada orang yang mengabaikannya. Namun usahakan nama mewakili dari isi dari channel tersebut. Akan tetapi jika masih bingung atau belum menemukan nama yang tepat, bisa menggunakan nama akun Google.

Selain itu, buat disain tampilan channel Youtube kamu secara profesional. Buat profile Youtube kamu se menarik mungkin agar orang percaya dan yakin bahwa kamu adalah youtuber yang serius dan menarik untuk ditonton.

2. Buat Video Sesuai Minat

Dengan membuat video yang sesuai dengan minat dan mood yang dimiliki, akan menghasilkan konten yang benar-benar kamu sukai sehingga tidak bosan membuat video dan meng-upload-nya. Apalagi video dikemas unik dan menarik yang bisa membuat penonton ketagihan dan akan men-subscribe channel kamu untuk menonton video selanjutnya.

3. Video yang Berbeda

Video yang orisinal disenangi pihak YouTube juga penonton, dibandingkan video re-upload. Meskipun dengan terpaksa mengupload ulang video yang sudah ada di YouTube, jadikanlah video tersebut sesuai dengan gaya dan karakter kamu, yang akan bisa menjadikan video unik dan berbeda. Namun perhatikan video yang akan di re-upload tersebut, apakah memiliki hak cipta atau tidak?

4. Video yang Bermanfaat

Meskipun video kamu orisinal dan unik tapi tidak memiliki manfaat bagi penonton, atau mengunggah video asal-asalan, bisa saja orang tidak akan meneruskan menonton apalagi men-subscribe channel kamu. Terkadang penonton mencari atau menginginkan informasi yang dibutuhkan dari sebuah video, entah itu sebagai referensi, pengetahuan maupun hiburan.

5. Buat Judul, Deskripsi dan Tag Video

Seperti halnya website, video yang ada di YouTube masuk ke dalam hasil penelusuran Google atau mesin pencari lainnya. Untuk itu gunakan judul menarik, deskripsi singkat dan tag yang mengandung kata kunci atau keyword pada video yang akan diunggah.

6. Custom thumbnail 

Jika perlu, gunakan cuplikan gambar sendiri (custom thumbnail) agar terlihat lebih menarik. Hal ini disebabkan pada list video youtube akan ditampilkan gambar thumbnail video tersebut. Jika tidak menggunakan custom thumbnail, maka YouTube akan mengambil gambar dari video tersebut yang terkadang kurang sesuai atau tidak menarik.

7. Kualitas dan Kuantitas Video

Kualitas dan kuantitas video di sebuah channel akan mempengaruhi waktu tonton dan subscribe. Kualitas video yang baik seperti gambar dan audio yang jelas/jernih akan memberikan kepuasan kepada penonton, dan sebaliknya. Selain itu, kuantitas atau jumlah video dalam channel Youtube akan menjadi tontonan para subscriber selanjutnya. Apalagi, saat ini Youtube telah menerapkan durasi waktu untuk video yang ditonton oleh orang lain. Ada syarat min 4000 jam dalam 12 bulan untuk mengajukan monetize. Jadi semakin banyak kuantitas video yang tentu saja yang berkualitas, maka semakin besar kemungkinan channel Youtube kamu akan cepat mendapat subscribe dan lama jam tayang.

Silahkan cek channel-channel top di YouTube yang memiliki subscribe puluhan ribu hingga jutaan, rata-rata memiliki ratusan bahkan ribuan video di channel-nya.

8. Mohon Like,  Share & Subscribe Video

Tidak ada salahnya untuk memohon like, share dan subcsribe kepada para penonton video kamu. Permintaan bisa ada dalam video atau kolom komentar. Untuk itu, video harus berkualitas, menarik dan bermanfaat.

9. Share Video ke Sosial Media

Untuk memperkenalkan video dan channel yang telah kamu buat, media sosial merupakan sarana ampuh sebagai promosi. Lebih baik mengunggah video ke Youtube terlebih dahulu, kemudian share ke medsos, forum atau blog dari pada sebaliknya.

10. Kamera Video Profesional

Meskipun saat ini beberapa smartphone telah memiliki fitur kamera yang cukup canggih, namun kamera khusus untuk video tentu lebih maksimal hasilnya. Untuk pemula tidak menjadi masalah mendapatkan video dengan kamera handphone, namun seiring waktu sebaiknya menggunakan kamera video yang lebih baik.

11. Jadilah Youtuber Simpatik

Beberapa penonton terkadang bersimpati kepada pemilik channel yang membuat konten video menarik, bermanfaat dan aktif berkomunikasi dengan penonton lewat komentar. Tak jarang penonton ini akan subscribe channel dan terus menonton video lainnya.

12. Tetap Semangat dan Pantang Menyerah

Seperti yang telah ditulis di awal, saat ini untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube sangat susah dengan adanya 2 syarat utama 1000 subscribe dan 4000 jam tonton. Terkadang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memenuhi syarat tersebut. Meskipun telah mendapatkan syarat utama tersebut, masih ada peninjauan dari pihak Youtube, apakah channel kamu berhak di monetisasi?

Bagaimanapun juga, Youtube memiliki kuasa penuh untuk menentukan monetize channel seperti halnya menjadi publisher Google adsense. Untuk itu, perlu semangat dan pantang menyerah, jika ingin mendapatkan dolar dari video-video kamu yang ada di channel YouTube.

 

12 Tips dan Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube

One Comment on “Mencari Penghasilan Lewat YouTube”

  1. Artikelnya sangat bermanfaat untuk pemula yang ingin terjun ke dunia youtube,..
    mungkin saya cuma ingin menambahkan tentang beberapa ide video di youtube, agar teman-teman bisa belajar dan kreatif dalam membuat video youtube yang menghibur.. Terima kasih

Tinggalkan Balasan