Blogspot Menyediakan HTTPS Untuk Custom Domain

Sebelumnya telah saya bahas tentang cara mengubah HTTP ke HTTPS Untuk Custom Domain Blogspot. Kala itu, blogger.com sebagai penyedia layanan blog gratis blogspot hanya menyediakan HTTPS untuk subdomain yang tersedia yaitu blogspot.com, belum tersedia untuk yang menggunakan domain sendiri (custom domain). Baca di sini

Mau tidak mau, pengguna blogspot yang memakai custom domain harus menggunakan pihak ke tiga untuk menciptakan sertifikat SSL sebagai ketersediaan HTTPS untuk domain yang dipakai pengganti subdomain blogspot.com. Tentu saja sedikit repot untuk men-setting dan harus sabar menunggu.

HTTPS Untuk Custom Domain

Saat yang ditunggu-tunggu. Akhirnya, blogger.com menyediakan layanan sertifikat SLL untuk blog yang menggunakan domain sendiri. Dengan demikian, pengguna blogspot cukup mencentang pilihan ya/yes untuk mengaktifkan layanan HTTPS pada pengaturan dasar.

HTTPS Untuk Custom Domain

Proses pembuatan sertifikat SSL untuk membuat HTTPS cukup cepat. Tunggu beberapa saat, kemudian refresh (tekan F5) browser untuk mengetahui ketersediaan HTTPS selesai atau belum (saat saya coba cuma 1 menit, jadi).

Ternyata, setelah SSL untuk custom domain blogspot selesai, saya coba mengetahui penyedia SSL. Ternyata pihak blogger.com menggunakan sertifikat SSL dari Let’s Encrypt. Ini memang gratis selama 3 bulan namun bisa diperpanjang seterusnya.

Beberapa blog wordpress yang saya miliki juga menggunakan SSL dari Let’s Encrypt. Untuk blog saya yang  pakai VPS, setiap bulan saya perpanjang secara manual (ada pemberitahuan via email jika mendekati expired). Namun untuk blog saya yang menggunakan shared hosting, ada layanan perpanjangan SSL otomatis. Saya menggunakan layanan web hosting ini.

 

 

Perkiraan saya, (karena HTTPS custom domain blogspot yang saya pakai belum genap 3 bulan) kemungkinan besar pihak blogger yang akan melakukan perpanjangan otomatis dikarenakan tidak ada menu untuk perpanjangan SSL di dasbor blogger. Kalau sudah begini, makin Oke, blogspot dan mendukung program Google Wajib Beralih HTTP ke HTTPS.

Bagaimana, jika sudah menggunakan SSL dari pihak lain seperti cloudflare?

Kita bisa saja tetap menggunakan SSL cloudflare tersebut atau beralih ke SSL Let’s Encrypt. Keduanya sama bagus dan tidak ada masalah, meskipun ada kelebihan dan kekurangannya. (nanti akan saya bahas)

Jika berkeinginan menggunakan SSL Let’s Encrypt yang disediakan blogger.com, maka hapus properti domain di dasbor Cloudflare dan yang paling penting, ubah name server (NS) di penyedia layanan domain (registrar). Ubah kembali NS seperti semula sebelum diarahkan ke name server cloudflare. Jika tidak tahu NS-nya, bisa minta tolong CS-nya. Jika tidak, blog akan eror.

 

Happy blogging with HTTPS Blogger.com 🙂

Tinggalkan Balasan