Cara Ubah HTTP ke HTTPS Untuk Custom Domain Blogspot

Posted on

Pakai https atau SSL untuk domain khusus atau custom domain blogspot bisa. Bahkan gratis. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini platform Blogger hanya memberikan sertifikat SSL HTTPS gratis untuk subdomain blogspot artinya jika menggunakan domain khusus (custom domain) di blog blogger, maka tidak dapat menambahkan atau mengaktifkan sertifikat SSL (HTTPS) di layanan blogger.com. Google belum merilis fitur untuk domain khusus yang menggunakan https.

Namun, tidak usah kuatir bagi yang ingin migrasi atau mengubah http ke https pada domain yang digunakan untuk custom domain blogspot. Bisa dilakukan melalui pihak ketiga salah satunya adalah melalui layanan cloudflare. Bagaimana caranya? Ikuti terus penjelasan dibawah ini dengan perlahan karena sebenarnya mudah untuk dilakukan.

 

Menggunakan SSL HTTPS Untuk Custom Domain Blogspot

Berdasarkan informasi dari Google untuk webmaster yang dikirim melalui email, bahwa browser Chrome akan memberikan tulisan “Tidak Aman” pada halaman situs yang masih menggunakan http mulai Oktober 2017. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan ketidaknyaman pengunjung situs terutama situs bisnis.

Meskipun kita memiliki SSL gratis maupun premium untuk domain sendiri, namun saat ini belum bisa digunakan untuk kustom domain di blogspot (mungkin suatu saat bisa).

 

Untuk itu, jika ingin memakai protokol https:// dengan menggunakan SSL untuk custom domain blogspot, kita bisa menggunakan CDN Cloudflare sebagai akselerator bahkan secara gratis.

 

Cara Pasang Https Untuk Custom Domain

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pastikan sudah memiliki akun cloudflare dan mengaktifkan domain yang ada. Jika belum, baca Cara Daftar Dan Setting Awal Cloudflare.

1. Pada domain yang akan dipasang SSL agar dapat menggunakan https, pilih menu Crypto kemudian pada kotak pilihan pilih Flexible dan tunggu sampai status sertifikat aktif. Refresh browser untuk melihat statusnya. (umumnya beberapa menit saja meskipun terdapat tulisan aktifnya 24 jam)

Jika status sertifikat sudah aktif, Selamat! Anda telah berhasil mengaktifkan Sertifikat SSL (HTTPS) di domain khusus blogspot Anda. Artinya domain sudah bisa menggunakan https. Silahkan cek, namun biasanya masih error atau tanda gembok hijau belum muncul. Tenang… ada langkah selanjutnya.

2. Kemudian pilih menu Caching dan pada kotak pilihan pilih Purge Everything.

 

3. Ini adalah bagian terpenting dari panduan ini karena blog akan berhenti menggunakan HTTP dan mengarahkan terus ke blog dengan SSL baru (HTTPS). Agar http selalu berubah https maka klik menu Page Rules dan buat aturan baru (create page rules). Sebagai contoh, saya menggunakan domain kangandre.web.id. Pada kotak url masukkan domain asal lengkap ditambah tanda asterisk (*) untuk mewakili semua tulisan belakangnya, misalkan http://www.kangandre.web.id/* Kemudian tambahkan (add setting) Always Use HTTPS, lalu save dan deploy.

4. Langkah terakhir adalah setelah semua settingan dilakukan dengan benar adalah masuk ke menu Firewall. Di bagian Security Level pilih opsi ” Low “. Hal ini untuk mencegah agar blog tidak diblokir oleh ISP tertentu. Ada kabar bahwa ada blog tidak dapat diakses secara mobile melalui provider tertentu.

Cukup empat langkah untuk membuat custom domain blogspot menggunakan SSL https, yaitu 1) Crypto (buat sertifikat SSL), 2) Caching, 3) Page Rules dan 4) Firewall. Blog sudah bisa diakses menggunakan https dengan SSL gratis dari cloudflare.

Jika ingin menggunakan SSL dari pihak lain (upload SSL) serta meningkatkan kinerja blog lebih maksimal, bisa menggunakan paket premium (Enterprise website).

Sekarang kita tidak perlu Cloudflare lagi, jadi bisa log out dan membuka dasbor blogger.com untuk langkah selanjutnya.

Hal-hal Yang Harus dilakukan Setelah Menggunakan HTTPS pada Custom Domain

Untuk blog lama pastinya SSL belum bekerja sempurna karena masih terjadi Mix-content (konten campuran) antara http dan https terutama masalah penggunaan gambar yang ada pada artikel blog, juga pada kode template yang masih menggunakan http. Untuk itu, langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Buka editor template (edit HTML) di dasbor blogger. Cari semua tulisan atau kode yang menggunakan http:// kemudian ubah menjadi https://
  2. Mau tidak mau jika https ingin valid adalah mengedit kembali artikel yang ada, terutama yang dipublikasikan di bawah tahun 2016 karena gambar (image) masih belum mendukung https. Ubah source gambar dari http:// ke https://. Memang menyita waktu, namun hal ini perlu dilakukan. Beda dengan wordpress karena bisa dibantu dengan plugin. Untuk internal link tidak perlu diganti karena akan di-redirect otomatis.
  3. Untuk mempermudah jika https belum bekerja secara optimal (belum muncul gembok hijau), jika menggunakan Chrome, klik kanan pilih inspeksi dan pilih console. Nanti disana akan ditampilkan warning atau error-nya. Perbaiki.

Hal lain yang harus dilakukan adalah submit url domain yang telah menggunakan https ke Google Seacrh Console karena bisa dianggap seperti blog baru. Terjadi duplikat konten? Tidak karena url lama (http) akan diredirect 301 ke url baru (https). Termasuk untuk backlink yang telah ada.

Semoga membantu.

 

Pakai SSL (HTTPS) untuk Custom Domain Blogspot – Lentera SEO

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *