Hikmah Menjalankan 5 Rukun Islam

Rukun Islam terdiri atas dua kata yaitu “rukun” dan “Islam”. Kata “rukun” berarti landasan, dasar atau asas. Sedangkan kata “Islam” secara bahasa memiliki arti patuh dan tunduk. Jadi, rukun Islam adalah lima dasar atau asas yang harus dipatuhi oleh setiap umat muslim.

Hikmah Menjalankan 5 Rukun Islam

Ada 5 rukun Islam yang harus ditaati bagi setiap muslim karena kelima hal tersebut dapat menentukan kadar ke-Islaman bagi seseorang. Kelima rukun Islam tersebut adalah mengucapkan dua kalimat syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.

Hikmah Menjalankan 5 Rukun Islam

Jika kita mampu menjalankan 5 rukun Islam tersebut, ada hikmah di balik setiap rukun Islam tersebut. Kali ini akan kami sajikan hikmah yang ada di setiap rukun Islam sebagai berikut :

1. Syahadat

Mengucapkan dua kalimat syahadat merupakan persaksian dari setiap orang muslim maupun orang yang akan masuk Islam. Setelah mengucapkan syahadat, maka orang tersebut sudah disebut muslim dan wajib menjalankan rukun Islam yang lainnya. Syahadat juga sebagai komitmen dari setiap muslim.

2. Shalat

Shalat merupakan ibadah wajib dan yang pertama akan dihisab di hari akhir nanti. Shalat yang wajib ada lima waktu setiap harinya dan ada juga shalat sunnah yang bisa dilaksanakan. Dengan menjalankan shalat akan membentuk kepribadian mulia pada diri setiap muslim.

3. Zakat

Harta yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebenarnya di dalamnya juga terdapat hak untuk orang lain. Oleh karena itu, kita sebagai orang muslim diwajibkan untuk membayar zakat. Dengan memberi secara ikhlas kepada sesama pasti tidak akan mengurangi harta kita. Justru Allah akan menambah rezeki kepada kita.

4. Puasa

Puasa yang diwajibkan bagi seorang muslim adalah selama bulan Ramadhan. Dengan berpuasa, kita akan belajar merasakan apa yang diderita oleh orang-orang yang kurang mampu. Pahala yang didapatkan dari setiap ibadah saat berpuasa juga akan berlipat ganda.

5. Haji

Khusus untuk haji sebenarnya hanya wajib bagi orang yang mampu. Dengan melaksanakan ibadah haji, kita akan merasakan ibadah di tempat suci.

Selain hikmah di atas, masih banyak hikmah lain dari menjalankan 5 rukun Islam. Setiap hikmah pasti akan kita dapatkan jika kita menjalankannya dengan penuh keikhlasan.

Sumber: https://islamexplored.org/the-five-pillars-of-islam/

 

Hikmah Menjalankan 5 Rukun Islam

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan