Chrome Akan Menampilkan Peringatan Keamanan Pada HTTP

Posted on

Peringatan keamanan pada situs yang menggunakan HTTP akan diterapkan oleh peramban Chrome 62 dengan memberi tanda “Tidak Aman”.

Seperti yang ditulis pada blog.chromium.org bahwa pada bulan Januari 2017 lalu, pihak pengembang Chrome telah memulai memperbaiki kinerja browser dalam menyampaikan keamanan koneksi untuk situs atau blog yang menggunakan HTTP.

Hal ini dimaksudkan untuk melindungi keamanan pengguna dalam mengakses sebuah halaman situs, terutama berkaitan dengan penulisan sandi dan kartu kredit.

Nantinya pada Chrome versi 62 mulai bulan Oktober 2017, halaman situs yang menggunakan HTTP akan terlihat tulisan “Not Secure”  atau “Tidak aman” pada kolom alamat, ketika pengguna memasukkan teks dalam formulir, termasuk  dalam penggunaan mode penyamaran (Incognito mode).

Saat ini, jika membuka halaman situs dengan HTTP masih menggunakan tanda seru dalam lingkaran dan belum ada tulisan Tidak aman. Namun jika menggunakan SSL atau HTTPS akan terlihat gambar gembok berwana hijau dengan tulisan “aman” atau “Secure”.<

Bagi situs bisnis atau yang menggunakan data-data penting disarankan untuk menggunakan HTTPS pada halaman situsnya agar pengguna merasa aman dengan data-datanya. Data yang harus dirahasiakan tidak hanya sandi dan kartu kredit. Jenis data apa pun yang dimasukkan oleh pengguna ke situs tidak boleh diakses oleh orang lain dalam jaringan tersebut.

Google Search Concole (GSC) juga telah mengirim pemberitahuan lewat email kepada webmaster yang intinya berupa peringatan yang merupakan bagian dari rencana jangka panjang untuk menandai semua halaman yang ditampilkan melalui HTTP sebagai “tidak aman” di browser Chrome milik Google.

Untuk itu  cara memperbaiki masalah ini adalah  dengan migrasikan HTTP ke HTTPS untuk mencegah notifikasi “Tidak Aman” muncul saat pengguna Chrome membuka situs yang dimiliki.

Treatment of HTTP pages with user-entered data in Chrome 62

 

Pihak Google akan mempublikasikan update menjelang rilis mendatang, namun sebaiknya Anda segera beralih ke HTTPS mumpung masih ada waktu.

Saat ini menggunakan protokol HTTPS jauh lebih mudah dan murah dibandingkan sebelumnya, bahkan banyak penyedia SSL gratis. HTTPS juga memberikan performa web yang terbaik dan fitur canggih baru yang terlalu sensitif untuk HTTP.

Blog ini juga sudah menggunakan HTTPS (gratis) meskipun tidak ada data-data yang sensitif di blog ini.

 

Halaman HTTP adalah “tidak aman” di Chrome – Lentera SEO

2 thoughts on “Chrome Akan Menampilkan Peringatan Keamanan Pada HTTP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *