Pengertian Private Blog Network (PBN)

Pengertian Private Blog Network (PBN) secara umum adalah jaringan blog yang dibuat atau dimiliki oleh individu (pribadi) dengan maksud dan tujuan tertentu. Pengertian tersebut berdasarkan etimologi bahasa. Namun, pengertian PBN bagi kalangan tertentu dapat diartikan sebagai kelompok atau jaringan situs yang berfungsi sebagai sumber backlink untuk meningkatkan peringkat mesin pencari terutama untuk money site (situs uang).

Pengertian istilah money site (situs uang) merujuk ke situs yang ingin dipromosikan. Umumnya money site digunakan untuk membedakan situs yang terakhir dari semua situs atau halaman lain yang mungkin telah dibuat untuk tujuan SEO. Dikatakan money site (situs uang) karena pada akhirnya situs tersebut akan menghasilkan uang.

private blog networks
Ilustrasi PBN untuk money site (situs uang) sistem piramida

Apakah Private Blog Network (PBN) Aman?

Sebagian kalangan menganggap PBN termasuk dalam kategori “black hat SEO“, yang menyiratkan bahwa ada taktik yang dimaksudkan untuk mempermainkan sistem. Apalagi, jaringan tersebut umumnya berupa situs dengan menggunakan domain yang dianggap sudah memiliki otoritas tinggi. Bukan memakai domain baru tapi mencari atau membeli domain yang sudah ada atau telah expired.

Sebagian berpendapat membangun PBN masuk kategori “grey hat SEO” atau seo abu-abu. Artinya aman namun memiliki resiko deindex jika tidak dikelola dengan benar.

Google mengklaim bahwa PBN melanggar pedoman mereka karena membangun tautan apa pun (bukan tautan natural) bertentangan dengan pedoman mereka. Lantas, apakah itu berarti orang telah berhenti membangun tautan? Tidak!

Bagaimanapun juga mesin pencari masih mengandalkan backlink atau tautan sebagai salah satu faktor untuk menentukan peringkat hasil penelusuran.  Baca: Cara Mencari Backlink Yang Benar agar lebih jelas.

Jaringan blog pribadi atau Private Blog Network (PBN) masih banyak yang menggunakan dan baik-baik saja sejauh ini. Orang-orang yang mengatakan PBN mati, tidak berguna, berbahaya pada saat ini, bisa saja tanpa bukti dan mungkin memiliki motif tersembunyi.

Jika menggunakan PBN dan diatur dengan benar maka sangat efektif dari SEO. Namun jika salah melangkah, resiko besar menanti.

hati-hati mengelola pbn
Hati-hati dalam mengelola PBN

Dengan demikian, membangun sebuah jaringan blog pribadi bukanlah pekerjaan yang mudah. Jadi, sebelum melangkah maju, sebaiknya belajar tentang dasar-dasar mesin pencari dan algoritma-nya serta terus belajar SEO.

Mengingat artikel ini membahas pengertian Private Blog Network (PBN) dan pandangan singkatnya, maka bagaimana membuat PBN versi Lentera SEO akan dibahas lebih lanjut.

 

Pengertian Private Blog Network (PBN)

Tinggalkan Balasan