Mengatasi Ukuran Gambar Lebih Kecil Dari Ukuran Yang Direkomendasikan di AMP

Bagi blog yang beralih menggunakan tema AMP (Accelerated Mobile Pages) terkadang mendapatkan peringatan “Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan” meskipun AMP-nya valid. Warning ini biasanya ditemukan jika menggunakan plugin AMP dari A

warning AMP ukuran gambar kecil

Saya hanya berbagi pengalaman saja karena saya pun mengalami kena warning “Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan” setelah blog menggunakan tema AMP dengan menggunakan plugin AMP dari A

Meskipun bukan kesalahan, namun jika valid dengan peringatan artinya “Halaman AMP ini memiliki masalah yang harus ditangani, tetapi masih dapat ditampilkan sebagai AMP di hasil Penelusuran. Masalah mencakup halaman yang
tidak optimal, atau penggunaan fitur AMP yang sudah tidak digunakan lagi dan mungkin menyebabkan error di kemudian hari.”

Saya telah berusaha mencari cara mengatasi Ukuran gambar lebih kecil dari ukuran yang direkomendasikan di blog wordpress saya. Dan ternyata Google telah merubah atau mengupdate ketentuan bahwa gambar yang dipergunakan untuk halaman versi AMP minimal berukuran 1200 px.

Selain itu ada properti terpenting dari fitur AMP untuk gambar

  • Harus ditentukan gambar yang ditandai langsung dalam artikel.
  • Lebar gambar setidaknya 1.200 piksel.
  • Setiap halaman harus mengandung setidaknya satu gambar (apakah dengan menyertakan markup atau tidak). Google akan memilih gambar terbaik untuk ditampilkan dalam hasil Pencarian berdasarkan rasio aspek dan resolusi.
  • Gambar harus mewakili konten yang ditandai.
  • Gambar harus dalam format .jpg, .png, atau .gif.

Dengan demikian, mau tidak mau harus mengubah gambar yang ada. Jika artikel sedikit tentu tidak ada masalah mengganti ukuran gambar yang direkomendasikan. Namun bagaimana jika artikelnya banyak hingga ratusan bahkan ribuan? Tentu membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit.

Alternatif Mengatasi Ukuran Gambar Lebih Kecil Dari Ukuran Yang Direkomendasikan

Setelah tanya ke sana kemari, memang untuk pengguna plugin AMP dari A

Masalah theme wordpress yang saya gunakan sudah support AMP tetapi harus menggunakan plugin AMP dari A

Dan ternyata adalah format JSON yang menjadi kuncinya. Meta data hanya melihat ukuran gambar 1200px. Sayangnya sampai saat ini belum ada plugin wordpress yang dapat dengan mudah memperbaiki masalah ini yaitu mengubah ukuran gambar yang ada. Yang ada plugin regenerate thumnails.

Untuk itu jika tidak ingin mendapatkan warning, meta data harus difilter. Artinya jika tidak ada image dalam artikel yang berukuran 1200px maka akan membaca image lain yang berukuran 1200px. Hanya saja harus mengubah kode script yang ada di file functions.php pada theme tersebut.

Beruntung, situs tehnoblog.org telah membuat plugin yang bernama amp-plugin-filter sehingga kita tidak perlu mengubah apapun. Cukup instal plugin tersebut dan mengaktifkan saja.

Langkah Mengatasi Ukuran Gambar Lebih Kecil Dari Ukuran Yang Direkomendasikan di AMP

Langkah-langkah cara mengatasi ini hanya untuk pengguna plugin AMP dari A

1. Download plugin amp-plugin-filter

Ektraks dan baca readme untuk keterangannya. file amp-plugin-filter.zip untuk diunggah.

2. Buat gambar baru (terserah gambarnya) namun pastikan ukuran 1200px lebih. Misalkan 1200 X 1200px, 1200 X 800px, 1600 X 900px, dll.

simpan dengan nama amp_preview_image.jpg

3. Masuk ke cPanel.

Buat folder /image di wp-content directory blog yang aktif. Kemudian upload gambar amp_preview_image.jpg di folder image yang baru dibuat.

4. Masuk ke dasbor wp.

Unggah plugin amp-plugin-filter yang telh di downlod, dan aktifkan.

5. Selesai.

Kemudian buka Google Search Console, kemudian klik validasi halaman AMP untuk warning “Image size smaller than recommended size“. Tunggu beberapa hari hasilnya.

Jika tidak ada kendala akan muncul:

validasi berhasil

Semoga membantu.

Sumber: https://tehnoblog.org/how-to-fix-google-search-console-amp-image-size-smaller-than-recommended-in-wordpress/

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan