Promosikan Blog Agar Dikenal Orang

Tugas seorang blogger yang serius bukan hanya make over blog agar tampilannya menarik dan mudah diakses. Juga bukan hanya menulis dan menerbitkan artikel belaka. Ada kegiatan lain yang tak kalah penting yaitu mempromosikan blog agar dikenal lebih banyak orang. Tanpa promosi maka blog dan artikel yang baik sekalipun akan terlambat ditemukan oleh orang yang membutuhkannya.

3 Cara Mempromosikan Blog

Promosi Blog Secara Online

Promosi ini dilakukan melalui media internet. Kini jutaan orang menggunakan teknologi canggih yang bernama internet. Para pelajar, mahasiswa, dosen, karyawan, dan elemen lain dari masyarakat tiap hari berselancar untuk mencari dan menemukan artikel yang dibutuhkan. Sementara para pelaku bisnis memanfaatkan internet untuk menjual produk dan jasanya.

Jika artikel ingin dibaca oleh orang lain maka blog harus berada di mana-mana.

1. Media sosial

Hampir semua blogger memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan blognya. Simak saja profil akun Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lain-lainnya. Selain nama dan status, dapat dipastikan ada url blognya. Mereka juga semakin rajin membagikan artikel yang telah diterbitkannya. Misalkan share artikel di Facebook bukan hanya di timeline tetapi juga di grup-grup atau Fun Page yang dimilikinya.

2. Blog dan situs lain

Jika seorang mempunyai lebih dari satu blog maka nama blog dapat ditempatkan di halaman ‘Blog Saya’ atau apapun judul halamannya. Ini untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengunjungi blog tersebut. Apalagi jika blog-blog lain tersebut memiliki topik yang berbeda. Seorang blogger mungkin saja mempunyai blog tentang traveling, kuliner, fashion, gadget, dan lain sebagainya.

Nama blog juga bisa ditempatkan di blog yang dikunjungi. Pada saat menulis komentar pada artikel yang dikunjungi umumnya pengunjung wajib mengisi nama, email, dan url blog. Semakin banyak mereka melakukan blogwalking maka akan semakin banyak pula mereka menempatkan url blognya. Agar promosi ini efektif maka tulislah komentar yang relevan dengan artikelnya. Kurang elok jika blogger hanya menulis :”Nice post.” Komentar seperti ini hanya dinilai sebagai basa-basi belaka.

Hal yang sama juga berlaku jika seorang blogger menulis di situs lain misalnya ke forum, guest post, dan lain-lainnya. Saat menulis artikel blogger dapat memasang link ke arah blog utamanya. Tentu saja blogger harus mentaati ketentuan yang ditetapkan oleh pengelolanya.

3. Email

Email juga bisa digunakan untuk mempromosikan blog. Namun bukan mengirim spam email untuk mempromosikan blog. Url blog dapat ditempatkan secara permanen di blok tandatangan. Setiap orang yang menerima email akan melihat url blog. Untuk keperluan tersebut maka blogger harus melakukan setting emailnya pada menu tandatangan (signature)

4. Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools

Setiap blogger sebaiknya submit blognya di dua situs ini. Setelah terdaftar maka blog harus di-verifikasi guna menjamin bahwa blogger tersebut benar-benar pemilik blog. Lanjutkan submit sitemap guna membantu robot menggerayangi blog kita. Setelah melakukan kegiatan tersebut barulah blogger dapat submit artikel-artikel yang telah diterbitkan. Dua situs ini membantu blogger mempercepat artikel blog untuk di indeks oleh search engine (mesin pencari)

5. Sponsor lomba blog

Bisa juga menjadi sponsor jika blogger lain menyelenggarakan lomba blog atau giveaway. Sediakan hadiah bagi pemenang lomba. Penyelenggara lomba blog biasanya berbaik hati mencantumkan nama dan url blog. Prinsip give and take ini memang lazim. Bukankah brand tertentu juga sering menjadi sponsor lomba. Mereka bahkan mempersyaratkan peserta untuk Like atau Follow situs dan atau akun media sosial brand tersebut.

Promosi Blog Secara Offline

Pernah melihat nama situs tertera di sebuah bodi pesawat terbang? Yup, itulah salah satu bentuk promosi situs secara offline. Blogger, pengusaha catering, angkutan, event organizer, televisi, radio, pengusaha percetakan, penerbit buku, pemilik toko online dapat pula memasang url blog di berbagai media cetak, media elektronik, dan benda-benda lainnya.

Pada resepsi pernikahan, di meja prasmanan kadang ada sebuah kartu kecil yang berisi nama dan alamat pemilik jasa catering plus url situsnya. Tak jarang pengusaha ini menempatkan setumpuk kartu namanya di meja penerima tamu. Dengan cara ini maka para undangan dapat mengambil kartu nama tersebut dan memanfaatkannya ketika mereka memerlukan jasa catering tersebut.

Blogger dapat memasang url blog pada kartu nama, kartu undangan, mug, piring, t-shirt, topi, tas handuk, bungkus kado, gantungan kunci, amplop, dan aneka aksesoris. Jika blogger juga menerbitkan buku maka nama/url blog dapat dipasang pada halaman Profil Penulis.

Begitu pentingnya sebuah promosi blog sampai ada quote berbunyi: “Content is King and promotion is Queen.” Sebuah artikel yang menarik akan lebih cepat diketahui dan dibaca oleh orang lain jika dipromosikan dengan gencar. Hal ini bisa meningkatkan pageviews, trafik, dan jumlah visitor akan meningkat. Hal itu berarti akan meningkatkan domain authority, page authorty, dan Alexa traffic rank.

Promosi blog secara online dan offline kadang memerlukan modal. Jika blogger mengadakan lomba blog atau giveaway tentu mengeluarkan biaya untuk hadiah bagi para pemenang lomba. Tetapi biaya itu bisa tertutup jika blog sudah dapat diajak untuk mendulang dolar atau rupiah. Jika tidak, kepuasan batin bloggerlah sebagai imbalannya.

Jangan pernah lelah untuk mempromosikan blog secara online dan offline.

 

Promosikan Blog Agar Dikenal Orang

About the Author: Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

You May Also Like

Tinggalkan Balasan