Wajib Beralih HTTP ke HTTPS

Untuk masalah keamanan internet, Google sangat peduli. Google benar-benar peduli tentang pengalaman pengguna dan kepercayaan yang diberikan situs kepada pengunjungnya. Google telah mengumumkan pada 9 Februari lalu bahwa mulai Juli 2018, situs harus memiliki tambahan SSL untuk sertifikat HTTPS kepada pengguna, atau situs tersebut akan mendapat hukuman dari Google. Ketentuan ini merupakan pembaruan dari Google di tahun 2018 yang tentu saja dapat mempengaruhi situs Anda.

 HTTP ke HTTPS

 

Beralih dari HTTP ke HTTPS menjadi wajib

Alasan kenapa migrasi dari HTTP ke HTTPS ini wajib, ada dua alasan, yaitu

  1. Untuk kebaikan dan keamanan pemilik situs sendiri dengan protokol yang menggunakan HTTPS, bukan HTTP.
  2. Google akan dengan tegas akan memperingatkan pengunjung situs Anda bahwa situs Anda bukan situs yang aman untuk ditelusuri sehingga mengakibatkan mengarah ke rasio pentalan yang cukup tinggi. Ujung-ujungnya situs akan menjadi sepi dan kemungkinan besar tidak akan lagi berada di halaman awal hasil mesin pencari.

Apalagi mengingat bahwa Chrome yang notabene milik Google merupakan browser yang banyak digunakan oleh pengguna internet, kurang lebih 50% di seluruh dunia, memiliki pemberitahuan yang menonjol jika situs yang dikunjungi tidak menggunakan HTTPS.

Jika pengunjung situs anda mendapat peringatan bahwa situs yang Anda kunjungi saat ini “Tidak aman”, maka pengunjung akan segera menutup dan dapat meningkatkan rasio pentalan. Akhirnya akan memengaruhi tayangan iklan,  penjualan  bahkan mungkin hasil penelusuran.

Jika anda berniat mengelola situs atau blog entah ber-niche apapun, platform mesin web apapun serta beroreintasi dalam jangka panjang, bukan asal-asalan, beralih ke HTTPS itu wajib. Apalagi jika ingin bermain SEO, jika masih pakai protokol lama ubah HTTP ke HTTPS sekarang juga.

Sekarang SSL untuk mendapatkan HTTPS bukan harga yang mahal. Meskipun dengan layanan yang minim, HTTPS bisa diperoleh dengan gratis. Sebagian besar penyedia hosting web sudah menyediakan layanan SSL secara gratis atau menyediakan sertifikat HTTPS dengan biaya yang agak rendah. Jadi Anda tidak punya alasan untuk menunda karena biaya seharusnya tidak menjadi masalah.

 

Migrasi dari HTTP ke HTTPS wajib – Lentera SEO

Tinggalkan Balasan