Pembaruan Inti Algoritma Google Agustus 2018

Google telah mengumumkan peluncuran pembaruan algoritma Google yang luas pada tanggal 1 Agustus 2018. Biasanya  pembaruan algoritme ini dirilis dan diumumkan beberapa kali dalam setahun, meskipun ada pembaruan yang tidak selalu diumumkan jika tidak memiliki fokus yang spesifik.

Algoritma Google 2018

 

Berikut ini tentang pembaruan inti algoritma Google luas yang diumumkan melalui Akun Twitter Google SearchLiaison.

Bagaimana dampak terhadap situs atau blog dengan adanya pembaruan ini?

Sama seperti pembaruan-pembaruan sebelumnya, yang intinya adalah:

  • Google biasanya merilis satu atau beberapa perubahan yang dirancang untuk meningkatkan hasil pencariannya. Perubahan bisa dilakukan dengan beberapa fokus perbaikan spesifik, bisa juga perubahan luas.
  • Seperti halnya jika terjadi pembaruan algoritme Google, beberapa situs dapat terjadi penurunan atau kenaikan pada posisi pada SERP (search engine results pages).
  • Perubahan pada sistem Google bisa menguntungkan untuk halaman situs yang sebelumnya kurang dihargai, dan sebaliknya akan berdampak buruk untuk halaman situs yang ternyata memiliki kinerja kurang baik.
  • Pembaruan algoritme inti yang luas seperti ini adalah penyempurnaan oleh Google yang dimaksudkan untuk meningkatkan hasil pencarian untuk kualitas yang lebih baik secara umum.

 

Pengaruh Pembaruan Algoritma Google Agustus 2018

Beberapa pemilik situs atau blogger mengeluh terjadi penurunan kunjungan ke situs mereka, terutama pengunjung organik dari mesin pencari Google. Bahkan ada yang mengatakan hingga 80%.

Ternyata, situs-situs yang mengalami penurunan dengan adanya Pembaruan Algoritma Google 2018 adalah situs-situs yang memiliki niche yang berhubungan dengan keuangan dan gaya hidup, yaitu halaman Your Money or Your Life (YMYL).

Halaman YMYL adalah beberapa jenis halaman yang dapat berpotensi mempengaruhi pengguna di masa mendatang berkaitan dengan kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan, atau keamanan. Berikut ini adalah contoh halaman YMYL:

  • Halaman informasi dan transaksi keuangan
  • Halaman informasi medis
  • Halaman informasi hukum
  • Artikel berita atau halaman informasi publik (tidak semua artikel berita selalu dianggap YMYL)

Pada, General Guidelines yang diterbitkan 20 Juli, 2018 sudah tercantum informasi tentang halaman Your Money or Your Life (YMYL).

 General Guidelines YMYL

 

Beberapa pakar SEO menganalisa berdasarkan laporan yang masuk, sebagian besar adalah situs dengan konten yang berhubungan dengan medis, telah mengalami penurunan lalu lintas / peringkat.

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari dampak pembaruan inti algoritme Google yang luas ini?

Pembaruan algoritme ini sepertinya lebih mendukung situs otoritas atau situs yang dikelola oleh pakar  sebenarnya yang sesuai dengan bidangnya.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk memastikan dampaknya dikurangi semaksimal mungkin?

Mau tidak mau, harus terus mengikuti praktik terbaik SEO sebanyak yang Anda bisa, karena ini adalah pembaruan yang luas.

Sebaiknya membaca dan mengikuti petunjuk dari  General Guidelines Google. Baca Bahasa Inggris: General Guidelines Juli 2018 dapat dibaca di:

Selain itu, cobalah beberapa hal berikut:

  • Memperbarui atau menghapus konten yang dianggap berkualitas rendah
  • Gunakan Google Search Console untuk memeriksa laporan kesalahan yang harus diperbaiki
  • Memperbaiki SEO onpage dengan menghapus atau mematikan tautan (link) yang rusak, gambar, dan file media.
  • Fokus untuk membangun otoritas situs sebagai branding .(Google memberi preferensi pada branding yang mendapatkan lebih banyak permintaan pencarian daripada pesaing mereka).
  • Tetap pada pedoman webmaster Google.

Jika situs sudah kena dampak (penurunan trafik/peringkat), sebaiknya jangan panik dan melakukan black hat. Bertahanlah jika sudah merasa memiliki konten hebat! Pembaruan algoritma masih akan berlanjut dan semuanya dapat terus menjadikan naik dan turun.

 

Apa yang Perlu Diketahui tentang Pembaruan Inti Algoritma Google Agustus 2018 – Lentera SEO

Tinggalkan Balasan