Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula

Sebelum melangkah ke pembahasan, ada baiknya mengetahui jawaban dari pertanyaan berikut. Apakah riset keyword itu dan mengapa perlu melakukan riset keyword?

Riset Keyword Untuk Blogger Pemula

Riset keyword (Keyword Research) adalah praktek penelitian kata kunci untuk mencari dan meneliti istilah-istilah pencarian alternatif yang digunakan orang ketika masuk ke mesin pencari sambil mencari subjek yang sama. Alasan untuk melakukan penelitian kata kunci (Keyword Research) yaitu dapat mengetahui mengetahui seberapa banyak istilah kata kunci yang digunakan orang pada mesin pencari sebagai dasar untuk membuat konten web.

Riset keyword merupakan salah satu teknik dalam mengoptimasi web (SEO) sehingga nantinya apakah konten web mampu bersaing di hasil pencarian (SERP) berdasarkan kata kunci tersebut. Jika hasil pencarian memiliki jumlah yang banyak, maka jumlah persaingan banyak, dan sebaliknya.

Cara Mudah Riset Keyword Untuk Pemula

Bagi blogger pemula yang berharap konten-konten blognya  berada di halaman awal mesin pencari serta mencari pengunjung lewat mesin pencari, tentu tidak ingin memiliki persaingan kata kunci yang banyak, apalagi belum memiliki ilmu SEO yang memadai layaknya seorang master. Namun tidak perlu berkecil hati karena belajar SEO memerlukan proses.

Berikut ini cara mudah riset keyword untuk blogger pemula yang telah ditulis di blog tenarkan.net berdasarkan pengalaman admin-nya. Intinya riset keyword sangatlah penting sekali untuk dilakukan karena jika salah dalam mengambil langkah untuk pertama kali maka selanjutnya juga akan semakin salah dan hasilnya web kalian tidak akan ada pengunjungnya. Sudah capek-capek bikin artikel, membuat tampilan yang bagus tapi sepi dari pengunjung.

8 Kesalahan Blogger Pemula Yang Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Menurut saya sangat wajib riset kata kunci dan harus dilakukan sebelum membuat blog atau pun artikel, jika tidak melakukannya maka menurut saya ada 8 kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula atau newbie, seperti yang saya lakukan dulu waktu masih belajar.

  1. Artikel yang di buat tidak akan mempunyai bobot dan berkurangnya fokus
  2. Penargetan kurang maksimal walaupun jumlah artikel sangat banyak
  3. Jumlah kata atau isi dari artikel sangat sedikit (minimal 400 kata kalau saya)
  4. Membuat artikel dengan keyword yang berulang
  5. Sangat sulit untuk nangkring dan biasanya google agak lama untuk mengindex artikel tersebut
  6. Sangat sedikit kata kunci tidak mempunyai fariasi
  7. Niche atau jenis pembahasan akan rucah dan campur aduk
  8. Web yang kamu miliki akan sepi pengunjung

Keuntungan Jika Melakukan Riset Keyword Dengan Benar

  1. Niche blog akan teratur
  2. Artikel mempunyai urutan yang benar dan teratur
  3. Dapat dengan mudah naik di posisi pertama (page one)
  4. Sub-sub menu akan mudah di akses oleh pengunjung
  5. Mampu bersaing dengan keyword para pesaing
  6. Mempunyai kata kunci yang berlimpah dan tertarget
  7. Webiste akan menjadi ramai pengunjung

Sebenarnya masih ada banyak sekali keuntungan dari riset keyword di atas, namun tidak dapat saya tulis semuanya karena akan terlalu banyak kamu membaca dan akhirnya jadi malas, bukannya semangat. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja simak beberapa langkah yang saya lakukan di bawah ini.

Untuk melakukan pencarian keyword yang dapat tertarget dan ampuh yang saya lakukan hanya menggunakan beberapa cara saja, cara ini mungkin berbeda dengan yang lainnya (namanya juga pengalaman pribadi).

Sebelum membuat website langkah pertama yaitu menemukan ide atau niche blog, sebagai contoh kamu suka tentang tutorial atau cara mudah maka silahkan di pikir-pikir dulu dengan santai dan temukan domain yang sesuai dengan topik untuk blog kamu nantinya.

Baiklah saya contohkan tentang “Cara Mudah”

Setelah menemukan benih keyword utama website kamu langkah selanjutnya mencari long tail keyword-nya untuk caranya simak penjelasan berikut ini.

Menggunakan Pencarian Google

Entah apa namanya yang penting ngerti aja ya caranya, buka browser dan ketik Keyword Utama kamu.

Kw utama : cara mudah”
Kw Turunan : cara mudah belajar bahasa inggris”

Riset Keyword Pemula

Setelah kita menargetkan kata kunci utama dan kata kunci turunan maka yang harus kamu lakukan yaitu melihat persaingannya keyword tersebut sebagai contoh

all in title “cara mudah belajar bahasa inggris”

hasil Riset Keyword

Maka kamu akan mendapatkan banyaknya persaingan dengan kata kunci tersebut, dengan mengetahui jumlah persaingan maka kamu bisa ikut andil bersaing.

Yang jadi pertanyaan berapa sih maksimal persaingan yang mudah untuk bisa bersaing di page one…?

Menurut pengalaman dan penerapan yang saya lakukan yaitu di bawah 500 website pesaing jangan sampai lebih kalau bisa sih kurang, lebih sedikit lebih mudah untuk artikel kamu masuk di urutan pertama.

Jika dilihat di atas masih terlalu berat persaingannya, maka perlu adanya penambahan kata untuk dijadikan judul artikel yang ingin di publikasikan contoh

all in title “cara mudah belajar bahasa inggris dengan cepat”

 Riset Keyword Untuk Persaingan

Nah disini kita mendapatkan persaingan di bawah 500 maka judul tersebut siap untuk di jadikan sebuah artikel, dan jangan lupa sisipkan buying keywordnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Selain menggunakan mesin penelusuran Google sendiri, bisa juga menggunakan “Extensions Chrome Keywords Everywhere.” Setelah terinstall dan sudah aktif langsung saja ketik keyword utama kamu di browser yang sudah terinstall plugin di atas, maka secara otomatis akan ada kolom di kanan pencarian tentang keyword, volume dan cpc.

Artikel lengkap ada di https://www.tenarkan.net/cara-mudah-riset-keyword-untuk-blogger-pemula

Catatan Lentera SEO: Artikel di atas tetap saya lakukan dalam beberapa kasus dan saran pencarian (Search Suggestion) dari Google ini cukup efektif. Tinggal bagaimana mengembangkan keyword tersebut ke dalam artikel.

 

Cara Mudah Riset Keyword Untuk Blogger Pemula

Tinggalkan Balasan