Tips Mencari Backlink di Forum

Awalnya saya membuat tulisan ini berdasarkan pertanyaan, “Masih efektifkah backlink dari forum online?” Secara pribadi saya menjawab, “Masih.” Namun semakin kebelakang, permasalahan backlink atau tautan balik menjadi pembicaraan yang menarik bagi praktisi SEO.

Backlink di Forum
Forum bersosial.com

Meskipun saya mengatakan backlink dari forum masih efektif, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dengan benar. Apalagi sejak lama di Bantuan Search Console ada pedoman kualitas tentang skema tautan yang disebut sebagai tautan tak wajar dan dapat dianggap melanggar panduan.

Ada beberapa contoh umum tautan tak wajar yang mungkin melanggar panduan Google, salah satunya berbunyi (Bhs Indonesia)

Selengkapnya: https://support.google.com/webmasters/answer/66356?hl=id&ref_topic=6001971

Contoh komentar dan link seperti di atas banyak ditemukan di forum online. Jika model seperti itu dikategorikan melanggar, kenapa ada member yang sengaja membuat komentar atau tanda tangan (signature) seperti itu?

Menurut saya berdasarkan kemungkinan, adalah:

  • belum tahu tentang pedoman kualitas Google.
  • uji coba untuk mengetahui efek sebenarnya
  • mendapatkan informasi yang keliru tentang pencarian backlink
  • sengaja dilakukan dengan alasan tertentu
  • masa bodo, pokoknya buat link

Pengertian Forum

Sebelum membahas selanjutnya, perlu diketahui definisi dari forum itu sendiri. Forum merupakan wadah atau tempat pertemuan sebuah komunitas yang memiliki persamaan minat dan tujuan untuk bertukar pikiran suatu topik atau masalah secara bebas yang berkaitan dengan forum tersebut. Sumber: Pengertian forum.

Forum awalnya dibuat untuk komunitas yang memiliki persamaan minat dan tujuan, misalkan Forum guru, forum Dokter, forum bahasa Indonesia, dll. Seiring kemajuan teknologi, saat ini tersedia forum online yang bersifat terbuka atau tertutup untuk keanggotaannya. Bahkan topik pun beragam bukan hanya membahas topik atau masalah khusus seperti forum wordpress yang hanya membahas permasalahan cms wordpress, forum adobe untuk komunitas pengguna produk Adobe, forum Xenforo, dll.

Saat ini juga banyak forum online yang berisi bermacam topik dengan pembagian sub-sub forum agar lebih teratur dan jelas dengan administrator dan moderator yang bertugas mengelola forum tersebut, seperti forum bersosial, kaskus, dll.

Link atau Tautan di Forum Online

Kalau berdasarkan hakekat forum yang sebenarnya, seharusnya link atau yang dibuat merujuk pada sumber informasi atau referensi atas tulisan (thread) yang dibuat. Untuk forum online yang besar dengan topik khusus, jika ada link out yang tidak sesuai dengan topik akan dianggap spam dan kemungkinan terjadi pem-banned-an akun. Untuk mengantisipasi spam, terkadang forum memberlakukan aturan yang ketat. Itulah kenapa ada forum yang melarang menyelipkan link.

Selain itu, forum bukan social bookmarking yang cuma bertujuan untuk mencari pengunjung dengan hanya membuat tulisan singkat dan link selanjutnya…. Bagaimana mau diskusi?

Tips Mencari Backlink di Forum

Tips dalam mencari backlink ini berdasarkan pengalaman penulis, jadi bisa saja beda pendapat dengan yang lain. Sejak mengelola blog serius, perburuan backlink saya lakukan dimana-mana terutama situs dengan PageRank (PR) tinggi termasuk forum.

Entah beberapa banyak forum yang saya ikuti meskipun cuma daftar dan hanya menanam link di profil, seiring waktu, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa ada kesia-sian dalam pencarian backlink di forum, mulai backlink yang tidak masuk pada tautan balik di Google Search Console (dulu Google webmaster tools) hingga akun yang dibanned karena dianggap spam, bahkan dapat peringatan bad backlink.

Oleh karena itu, saya berbagi tips cara mencari backlink yang efektif dari Forum, yaitu:

  1. Reputasi Forum berdasarkan otoritas yang baik seperti PR (sayangnya sekarang tidak bisa dilihat), PA&DA, Alexa Rank.
  2. Baca TOS atau Rules forum, apakah bisa membuat link, terutama link dalam postingan (thread) (kecuali ikut forum memang untuk diskusi).
  3. Lihat thread atau postingan yang ada. Jika banyak thread sampah (spam) baik itu iklan maupun link dari situs reputasi buruk, sebaiknya dihindari meskipun dari domain edu atau gov yang dianggap memiliki otoritas tinggi. Juga forum dari situs-situs besar tapi isinya hanya spam.
  4. Jika diperkenankan membuat link di thread, gunakan dengan dengan bijak. Jangan membuat link Out of Topik (OOT) atau link nggak nyambung karena backlink ini akan dianggap spamming oleh Google.
  5. Link sebaiknya hanya 1 saja untuk satu topik yang mengarah ke situs tujuan yang diharapkan dan sebaiknya ke artikel situs. Untuk homepage sebaiknya diletakkan di signature.
  6. Hindari penggunaan teks jangkar (anchor text) yang berbeda namun dengan link satu tujuan yang sama. Percuma saja karena hanya satu link yang akan dianggap backlink dan sisanya bisa masuk kategori spamming (link berlebihan).
  7. Beberapa forum mengijinkan signature (tanda tangan) dibawah postingan. Usahakan link berbeda dengan yang ada di thread karena signature sifatnya akan ikut terus. (berkaitan dengan poin ke 5).
  8. Jika aktif di forum (sering membuat thead atau komentar) sebaiknya signature di ganti secara berkala untuk menghindari membengkaknya jumlah backlink dari satu sumber.
  9. Jangan sekali-kali menyelipkan link dengan menggunakan teks jangkar (anchor text) pada kolom komentar apalagi dengan jumlah banyak. (Baca keterangan panduan google di atas). Jika pun ingin mereferensikan blog atau artikel gunakan url lengkap http:….
  10. Ikut menjaga forum, terutama jika menemukan spammer. Bagaimanapun juga, backlink yang kita tanam akan memiliki reputasi buruk jika forum banyak spammernya. Forum bersih = backlink bagus.
  11. Sebaiknya jangan bernafsu untuk mencari forum yang hanya memberikan link dofollow. Link nofollow pun akan tetap dianggap backlink. Dalam beberapa kasus, link nofollow juga diperlukan.
  12. Perhatikan kehidupan forum tersebut. Apakah dikelola dengan baik (ada interaksi member dengan pengelola (admin/moderator), kelangsungan forum (agar backlink bisa tahan lama).

Barangkali 12 tips mencari backlink pada sebuah forum di atas bisa menjadi solusi terhadap tautan tak wajar yang mungkin melanggar panduan Google yaitu “Komentar forum dengan tautan yang dioptimalkan dalam pos atau tanda tangan.” Terjawab di Poin: 3, 4, 5, 6, 9.

Artikel ini juga ada di forum bersosial

 

Tips Mencari Backlink di Forum

Tinggalkan Balasan