Tambahkan Semua Domain di Search Console

Posted on

Seorang teman bertanya, apakah kita harus menambah properti atas semua url (domain) situs web yang kita miliki di di Google Search Console (Google webmaster Tools)? Lantas saya jawab ya dan harus.

Seperti yang tercantum dalam bantuan Search Console, bahwa webmaster memastikan untuk menambahkan semua variasi URL untuk domain yang dimiliki atau bisa disebut akar situs, termasuk versi www serta non-www, dan semua variasi subdomain misalkan contoh.com, m.contoh.com, blog.contoh.com.

 

Jadi jika punya domain, misalkan lenteraseo.com tambahkan ke properti Search Console dengan variasi URL:

  • https://lenteraseo.com
  • https://www.lenteraseo.com

Jika menggunakan SSL untuk domain, tambahkan juga

  • https://lenteraseo.com
  • https://www.lenteraseo.com

Artinya domain utama yang menggunakan SSL wajib submit keempat variasi URL tersebut.

Jika memiliki subdomain misalkan blog.lenteraseo.com tambahkan juga dengan varian URL seperti diatas.

 

Pentingnya menambah semua URL domain ke Search Console

Beberapa webmaster mungkin tidak menambahkan variasi URL ke google webmaster tool (GWT) yang sekarang berubah nama menjadi Google Search Console (GSC). Bisa saja dengan berbagai macam alasan dan alasan yang paling banyak adalah malas dan hanya menganggap url yang dipakai untuk situs saat ini saja yang paling penting.

Padahal sudah ada penjelasan “Pastikan untuk menambahkan semua variasi URL akar situs, termasuk versi www serta non-www, dan semua variasi subdomain”

Jika tidak dilakukan, tidak menjadi masalah besar, selain itu menambahkan situs ke GSC tidak memengaruhi PageRank maupun performa situs dalam hasil penelusuran Google.

Namun ada catatan penting jika menambahkan properti di GSC,  Google akan dapat merayapi (menemukan) dan mengindeks (memahami) situs lebih cepat serta memberikan peringkat dengan benar, asalkan tidak melanggar pedoman kualitas Google.

Jika situs sudah mengikuti aturan pedoman Google dengan baik, tidak perlu lagi sering memeriksa data Search Console, dan biasanya Google akan memberi tahu jika mendeteksi masalah pada situs (bisa lewat email).

Sebagai contoh hasil menambahkan semua domain dengan berbagai variasi yang saya dapatkan.

Pada 29 Agustus 2017 saya mengubah total blog Temporaktif yang semula menggunakan platform blogspot ke wordpress. Semua artikel lama saya hapus dan diganti artikel baru. Selain itu, domain juga dipasang SSL gratis dari CDN Cloudflare. Setelah blog siap (ada menu, beberapa artikel) tengah malam (masuk tgl 30 Agustus 2017) saya daftarkan ke Search Console.

Saya memasukkan variasi url yaitu:

  • http://temporaktif.com
  • https://temporaktif.com
  • http://www.temporaktif.com
  • https://www.temporaktif.com

Sebagai kanonis (canonical) saya menggunakan https://www.temporaktif.com yang menjadi akar situs karena digunakan sebagai alamat situs aktif. Selanjutnya hanya properti ini yang akan cek setiap saat.

Setelah submit sitemap dan “ambil sebagai Google” untuk semua variasi url, dalam beberapa menit saja sudah ada indeks di SERP Google (sebagian).

Sebelum membuat artikel ini, saya sedikit mengubah tampilan situs dan mempublikasikan artikel baru, ternyata hasil tangkapan di GSC sudah ada yang berubah. Perubahan terjadi pada url http://www.temporaktif.com. (lihat gambar). Homepage sudah berubah dengan perubahan warna menu dan artikel publikasi terakhir.

Perbedaan hasil peng-indeks-an di GSC

Artinya, bot Google terlebih dahulu merayapi http://www.temporaktif.com (1) dibandingkan url https://www.temporaktif.com (2).

Dari hasil ini, dapat disimpulkan:

  1. Kita tidak tahu url mana yang terlebih dahulu dirayapi robot Google (atau yang lain) entah itu secara alami (tanpa submit url) atau submit url terlebih dahulu.
  2. Dengan adanya variasi url, bisa mempercepat peng-indeks-an Google.

Bagaimana? Masih ragu untuk menambahkan semua variasi url domain ke Google Search Console?

Semua variasi URL akan menjadi properti yang berbeda di Google Search Console (Google webmaster Tools). Lakukan verifikasi bukti kepemilikan situs web sebelum menggunakan tools yang disediakan oleh Google secara gratis ini. Untuk web yang di-host oleh Google (seperti Blogger atau laman Sites) akan terverifikasi secara otomatis.

Jangan kuatir tentang jumlah properti yang boleh ditambahkan karena Google menyediakan hingga 1.000 properti ke akun, termasuk situs web dan aplikasi seluler.

 

Submit situs/blog ke Google Search Console – Lentera SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *