Pengertian Monetisasi Blog (Monetization)

Pengertian monetisasi blog adalah mengonversi atau mengubah blog menjadi menghasilkan atau menguntungkan. Umumnya memonetisasi blog berkaitan dengan income atau mendapatkan uang dari blog. Dengan kata lain, blog (weblog) bukan hanya sebagai media penulisan atau ekspresi online namun telah dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan uang.

Hal ini sesuai dengan pengertian monetisasi atau monetize menetapkan aset atau objek sebagai alat  pembayaran yang sah.

To monetize is to establish an asset or object as legal tender. Basically, it’s the process of turning a non-revenue-generating item into cash.

Monetisasi Blog (Monetization)

Pada dasarnya monetisasi adalah proses mengubah (konversi) item yang tidak menghasilkan pendapatan menjadi “uang tunai”. Istilah “uang tunai” memiliki arti yang berbeda tergantung pada konteksnya. Misalkan pemerintah memonetisasi utang untuk menjaga suku bunga pada uang pinjaman rendah dan menghindari krisis keuangan, sementara dalam bisnis memonetisasi produk dan layanan untuk menghasilkan laba.

Contoh Monetisasi Konten Blog

Seorang blogger memasang tautan (link) iklan di blog yang ia miliki. Ketika pengunjung mengeklik tautan pengiklan tersebut, pemilik blog akan dapatkan sejumlah uang. Pemilik blog akan terus dibayar jika pengunjung melihat atau mengeklik iklan tanpa harus terlibat (terkadang malah dilarang keras klik iklan sendiri), tergantung pada aturan pengiklan. Semakin banyak klik atau tayangan iklan akan semakin banyak uang yang didapat.

Contoh iklan blog: Google adsense, Adnow, Taboola, MGID, dan lain sebagainya.

Selain bentuk iklan, memonetisasi blog dapat dilakukan dengan menjual aplikasi, memproduksi konten multimedia seperti video dan podcast, atau bisa membuat langganan konten berbayar, pada blog yang dikelola.

Saat ini, ada monetisasi tanpa harus memiliki blog namun hanya memiliki konten saja, seperti memonetisasi akun Youtube. Pengguna hanya perlu meng-upload video ke situs Youtube kemudian memonetisasi untuk mendapatkan uang setelah memenuhi persyaratan yang berlaku. Baca Mencari Penghasilan Lewat YouTube.

 

Pengertian Monetisasi Blog (Monetization)

Tinggalkan Balasan