Opsi Pembayaran Google AdSense Via Western Union Akan Dihentikan

Google adsense mengumumkan bahwa mulai tanggal 10 Agustus 2020, Western Union tidak akan lagi tersedia saat memilih metode pembayaran Adsense.

Western Union Adsense

Perlu diketahui bahwa Google Adsense sejak tahun 2007 menerapkan opsi pembayaran melalui Western Union bagi publisher (penerbit) adsense  yang tidak memiliki rekening bank untuk menerima pembayaran yang terkumpul di akun Adsense.

Namun, Google Adsense akan berencana memberhentikan pembayaran melalui Western Union pada awal 2021 dan meniadakan pilihan opsi pembayaran melalui Western Union mulai 10 Agustus 2020.

Berikut informasi yang ditulis di support.google.com/adsense:

Mulai tanggal 10 Agustus 2020, Anda tidak akan lagi dapat memilih Western Union sebagai metode pembayaran baru. Sebaiknya penayang yang saat ini menggunakan Western Union beralih ke metode pembayaran lain yang tersedia sebelum pembayaran melalui Western Union berhenti pada awal 2021. Kami akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pengguna saat ini tentang kapan Western Union tidak dapat lagi digunakan untuk menerima pembayaran di negaranya. Pelajari lebih lanjut metode pembayaran lain yang tersedia dan cara menyiapkan metode pembayaran.

Belum ada informasi resmi mengapa google meniadakan opsi pembayaran yang banyak digunakan oleh publisher dari negara-negara berkembang.

Kemungkinan alasan di balik langkah besar ini  berhubungan dengan Google yang mencoba meluncurkan sistem pembayarannya sendiri serta keengganan untuk bergantung pada pihak ketiga untuk mencairkan pembayaran kepada orang-orang yang mungkin telah menghasilkan uang menggunakan Adsense.

Alasan lainnya adalah meningkatnya pembatasan pada raksasa teknologi dari pemerintah di seluruh dunia, karena banyak otoritas penagihan pajak ingin semua transaksi keuangan melalui saluran perbankan yang tepat sehingga mereka dapat melacak dan memberlakukan undang-undang pajak setempat.

Meskipun, sudah ada pengumuman resmi, namun saat menulis artikel ini 30/08/20, opsi pembayaran melalui Western Union masih tersedia di dasbor adsense.

opsi pembayaran wu

Memang ada pernyataan bahwa “Kami akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pengguna saat ini tentang kapan Western Union tidak dapat lagi digunakan untuk menerima pembayaran di negaranya,” yang entah kapan akan diinformasikan.

Tapi sebaiknya penayang yang saat ini menggunakan Western Union segera beralih ke metode pembayaran lain yang tersedia sebelum pembayaran melalui Western Union berhenti pada awal 2021.

Pengalaman saya memilih bank Mandiri karena biaya transfer valas cuma $5, lebih kecil dibandingkan dengan bank-bank lain di Indonesia (waktu itu). Akan tetapi transfer pembayaran adsense masuk rekening, akan dilakukan pada jam kerja Senin – Jumat.

 

Pembayaran Google AdSense Via Western Union

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

4 Comments

      1. Makasih om.. oh iya. Terbatu nih om.. di akun adsense muncul notif kek gini:

        We encourage you to publish your seller information in the Google sellers.json file. Visit the account settings page to review your current visibility status.

        Sampai sekarang masih ada tuh notif, request tutorialnya dong om kalo om andre bisa..

        Kayaknya ini lagi jd pebincangan di kalangan publisher adsense..

        Terima kasih..

Tinggalkan Balasan