Apa itu tes kecepatan internet?

Posted on

Saat melakukan browsing, mengakses sebuah situs, download atau upload file dan lain sebagainya, terkadang mengalami masalah yang disebabkan oleh jaringan koneksi internet. Bisa jadi kecepatan lambat atau lemot atau bahkan no connection alias tidak ada jaringan internet. Sebelum melakukan tindakan selanjutnya, sebaiknya melakukan uji atau tes kecepatan internet Anda yang akan menunjukkan seberapa kecepatan koneksi dari server penyedia layanan internet (ISP) yang Anda gunakan.

Tes Kecepatan Internet

Saat ini banyak situs online yang menyediakan layanan kecepatan internet dengan gratis. Bahkan Lentera SEO pun telah membuat tools untuk uji kecepatan internet dari ISP Telkom seperti speedy, indihome dan layanan broadband lainnya. Tools yang bekerjasama dengan openspeedtest.com dapat di gunakan di perangkat Mobile, PC, Tab dan lain-lain.

Lenteraseo.speedtestcustom.com adalah aplikasi cross-platform. Jadi, Anda dapat menguji kecepatan internet Anda di berbagai browser  dalam sistem operasi yang berbeda tanpa menginstal aplikasi atau plugin tambahan seperti Flash atau Java. Dengan demikian, aplikasi tes kecepatan ini dapat dilakukan melalui perangkat apa saja seperti iPhone, iPad, Android, Windows, Linux, dll. (Desktop, Laptop, Mobile dan Tablet).

Lenteraseo.speedtestcustom.com menggunakan teknologi terbaru yang tersedia untuk menguji kecepatan internet.  Aplikasi ini dirancang untuk menguji semua jenis kecepatan koneksi dari 1 Kbps sampai 1 Gbps +. Algoritma yang ada secara otomatis mendeteksi kecepatan koneksi yang stabil dengan menjalankan beberapa download file dan permintaan upload dari browser Anda sendiri. Aplikasi ini akan memilih server terbaik untuk Anda karena operator broadband memiliki rencana yang berbeda sehingga mereka memberikan kecepatan yang berbeda.

Teknologi HTML5 dan JavaScript

HTML5 adalah kandidat potensial untuk aplikasi mobile cross-platform jadi Lenteraseo.speedtestcustom.com memilih HTML5 sebagai teknologi inti karena saat ini perangkat Mobile secara native mendukung HTML5 dan mereka terus mendukung teknologi ini.

Selain itu, Teknologi JavaScript telah meningkat dari hari ke hari. Sebagian besar website dan aplikasi web menggunakan javascript. Kinerja javascript bergantung pada kinerja perangkat dan mesin javascript yang digunakan untuk mengeksekusi javascript pada perangkat pengguna. Mesin JavaScript V8 adalah mesin JavaScript open source yang dikembangkan oleh Google. Mesin JavaScript V8 mengkompilasi JavaScript menjadi kode mesin sebelum dijalankan. Ada proyek aktif lainnya seperti V8 yang live! Untuk meningkatkan performa javascript, misalnya Rhino, dikelola oleh Mozilla Foundation, JavaScriptCore oleh Apple dll. Jadi hari ini javascript lebih hebat dari sebelumnya.

Jadi, Lenteraseo.speedtestcustom.com akan bekerja pada berbagai browser web dalam sistem operasi yang berbeda tanpa menginstal aplikasi atau plugin tambahan.

Mengapa tes kecepatan menggunakan Lenteraseo.speedtestcustom.com unik?

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya Lenteraseo.speedtestcustom.com menggunakan algoritme unik untuk menguji kecepatan koneksi internet di dalam browser Anda, dan tidak dikendalikan oleh ISP manapun sehingga akan dapat menunjukkan kecepatan koneksi yang tepat di antara Anda dan server kami. Namun, kami menyediakan server alternatif yang dapat dipilih sesuai server ISP Anda sendiri untuk menguji kecepatan imternet Anda. Hal ini seperti menguji kecepatan internet Anda di antara perangkat dan router Anda.

Lenteraseo.speedtestcustom.com dirancang untuk mendeteksi kecepatan stabil Anda bukan kecepatan tertinggi Anda. Perlu diingat kebanyakan aplikasi yang membutuhkan bandwidth membutuhkan kecepatan yang stabil. Misalnya, YouTube.

Anda tidak perlu melakukan apapun, cukup klik tombol uji stat kecepatan dan tunggu beberapa detik untuk hasil akhir. Semua operator broadband memiliki rencana yang berbeda sehingga mereka memberikan kecepatan yang berbeda. Beberapa dari mereka memberikan kecepatan konstan dan stabil, beberapa dari mereka memberikan kecepatan yang baik saat memulai dan turun ke kecepatan rendah yang stabil.

Mengapa Harus Periksa Kecepatan Internet?

Penyedia Layanan Internet (ISP) akan memberikan kecepatan tertentu sesuai paket perjanjian yang telah dipilih, namun terkadang pelanggan tidak menerima kecepatan sesuai paket. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan kecepatan internet lambat, misalnya: masalah koneksi lokal, masalah jaringan telepon, konfigurasi koneksi internet di komputer rusak atau masalah koneksi dari ISP seperti down atau maintenance. Jadi, dengan mengecek kecepatan internet akan memberikan tindakan selanjutnya, apakah perlu melapor ke layanan ISP atau memperbaiki jaringan komputer lokal.

Lakukan Tes Kecepatan Internet Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *