Cara Install HTMLy Platform Blogging PHP Tanpa Database

HTMLy adalah Platform Blogging gratis buatan Indonesia dengan menggunakan program PHP tanpa database (SQL). Mesin blog PHP ini mengutamakan kesederhanaan dan kecepatan stabil meskipun telah memiliki ribuan artikel.

HTMLy Platform Blogging PHP

HTMLy sebagai software blog merupakan platform blog yang sederhana, dengan menggunakan algoritme unik yang dirancang agar dapat berjalan lancar meskipun menggunakan spesifikasi server hosting yang paling minimal. Posting artikel berapa pun, tanpa masalah.

Cara Mudah Install HTMLy

Ada 2 cara mudah untuk meng-install HTMLy ini di self hosting, baik itu berbayar atau penyedian hosting gratisan. Spesifikasi Web Hosting yang paling kecil dan murah tanpa fitur database bisa digunakan.

Cara Pertama Install HTMLy

Ini yang paling mudah. Jika menggunakan webhosting dengan cPanel, bisa meng-install melalui softtaculous yang tersedia di cPanel. Jika pilihan Blog HTMLy tidak ada, silahkan gunakan cara kedua.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke cPanel. Kemudian pilih penginstal otomatis sekali klik “Softaculous”. Pilih HTMLy di pilihan “Blog”, kemudian Klik “Install Now”.

Softaculous htmly

2. Persiapan Instalasi HTMLy. Pilih domain atau subdomain yang akan diinstal HTMLy. Isikan admin username dan password yang nantinya dibuat masuk ke dasbor blog HTMLy. Ingat atau simpan baik-baik. Kemudian klik “Install”. Tunggu beberapa saat dan blog HTMLy sudah bisa digunakan. Mudah bukan?

Untuk masuk ke dasbor admin: urlblog/login kemudian gunakan username dan password yang telah dibuat sebelumnya. (gambar ilustrasi ada di paling bawah)

Instalasi HTMLy

Cara Kedua Install HTMLy

Terkadang, entah alasan tertentu, tidak semua webhosting menyediakan cPanel dengan softaculous yang lengkap. Hanya software tertentu atau yang populer seperti worpress, drupal, joomla, saja yang disediakan sebagai penginstal otomatis sekali klik.

Jika tidak ada pilihan HTMLy di Softaculous, atau menggunakan panel lain seperti DirectAdmin atau panel yang tidak ada Softaculous, maka dapat menginstal secara manual. Yang diperlukan hanya file installer atau file lengkap HTMLy yang telah disediakan oleh pengembang HTMLy. Jika di Softaculous ada HTMLy, sebaiknya menggunakan cara pertama.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Download file HTMLy. File terbaru ada di https://github.com/danpros/htmly/releases/tag/v2.7.6. Mengapa di Github? Karena HTMLy merupakan opensource maka dimungkinkan ada konstributor lain yang ingin ikut membangun lebih baik. Download dan simpan.

Download file HTMLy

Saya sarankan untuk download file installer.php (nomor 1) saja karena lebih praktis dan cepat dibandingkan mengupload semua file HTMLy (nomor 2). Namun jika mau instal di localhost komputer atau ingin mengedit file-file, silahkan download yang lengkap: Source code (zip).

2. Upload File HTMLy ke Hosting. Masuk ke cPanel, kemudian pilih File Manager dan pilih forder domain atau subdomain yang akan diinstal HTMLy. Sebagai contoh saya telah membuat subdomain info.kanalhub.com yang akan saya Install HTMLy.

Upload file installer.php yang telah di download dan disimpan dari github ke folder domain atau subdomain yang telah dibuat. Bisa juga mengupload file Source code (zip) namun perlu langkah selanjutnya.

Upload File HTMLy ke Hosting

3. Install HTMLy via Tool. Setelah file installer.php berhasil diupload, saatnya melakukan instalasi yaitu dengan cara: ketik namadomain/installer.php di browser. Sebagai contoh saya gunakan subdomain: https://info.kanalhub.com/installer.php

Install HTMLy via Tool

Isikan Username dan password terlebih dahulu dan wajib. Untuk lainnya bisa menyusul lewat “config” saat login ke dasbor blog HTMLy. Kemudian, klik “Install via Tool”. Selesai.

Catatan:

Terkadang akan muncul error 404 setelah Install via Tool. Namun tidak perlu khawatir karena url menjadi: https://info.kanalhub.com/add/content?type=post. Semoga di kemudian hari perlu diperbaiki.

error 404 htmly

Untuk itu, silahkan ubah url 404 ../add/content?type=post menjadi ../login atau ../admin yang nantinya akan masuk ke dasbor admin. Atau bisa ke hompage dengan url namadomain.

dasbor htmly
Tampilan Dasbor Admin HTMLy yang baru di-install

Untuk melengkapi judul, tagline, deskripsi dan pengaturan blog, silahkan edit melalui menu “config”

Jika, install melalui softaculous di cPanel atau melalui installer.php gagal, maka pilihan terakhir adalah mengupload semua file HTMLy di hosting via panel atau Ftp. Namun akan dibahas kemudian bersamaan dengan pembahasan isi HTMLy.

Pembahasan lengkap tentang cara mengatur tampilan, posting artikel dan lain sebagainya, akan saya update kemudian. Karena pada artikel ini hanya membahas “Cara Install HTMLy”

Contoh blog yang menggunakan HTMLy dengan theme berbeda: lenterakecil.net dan infoliterasi.my.id

Semoga membantu.

About the Author: Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan