Mengatasi Tampilan Blog WordPress Yang Berantakan

Yang namanya blog, tampilan atau akses bisa saja berubah setiap saat, baik itu yang disengaja maupun tidak. Makanya tidak ada jaminan dari pihak penyelenggara internet bahwa semua layanan internet 100% akan terus online, termasuk server, hosting, dll.

Demikian juga dengan tampilan blog. Terkadang bisa berubah menjadi berantakan atau tidak sempurna tampilannya. Padahal barusan terlihat baik-baik saja. Tentu saja membuat panik si admin.

Tampilan blog wordpress yang kacau balau, berantakan bisa disebabkan beberapa hal. Jika admin mengklaim tidak melakukan apapun (termasuk buat artikel baru maupun balas komentar), bisa jadi karena koneksi internet yang super lemot (terjadi juga pada situs lain), atau masalah gangguan server blog seperti sedang maintenance.

Masalah ini bisa juga disebabkan oleh admin sendiri. Terkadang admin melakukan update core wordpress namun ada plugin yang terpasang tidak support core terbaru atau proses update tidak sempurna.

Tampilan Blog WordPress Yang Berantakan

Beberapa kali saya mengalami tampilan blog WordPress saya berantakan. Padahal saya hanya update artikel dan clear cache  dan itu sering saya lakukan dan tidak ada masalah. Tapi terkadang tampilan blog seperti tidak ada CSS-nya yang membuat tampilan blog jadi bagus. Blog seakan hanya menggunakan kode HTML saja. Padahal koneksi internet lancar dan blog-blog yang lain tidak ada masalah.

Kejadian tampilan blog WordPress  saya yang berantakan seperti hanya kode-kode HTML saja, biasanya saya langsung memvonis masalah cache. Begini penampakannya:

Blog WordPress Berantakan
Tampilan Blog WordPress Saya Yang Berantakan

Salah satu solusinya:

Coba non aktifkan plugin yang berhubungan dengan cache seperti Autoptimize,  W3 Total Cache, WP Super Cache, dll yang digunakan. Kemudian, cek blog, apakah normal kembali? Kalau normal berarti plugin cache tersebut bermasalah.

Lantas kenapa sebelumnya tidak ada masalah? Plugin cache disinyalir seringkali menimbulkan masalah, namun cache dibutuhkan. Bisa saja disebabkan bentrok dengan plugin lain  atau setingan telah diubah.

Jika tetap membutuhkan plugin cache, uninstall dulu plugin bermasalah tersebut kemudian install lagi dengan settingan default-nya. Jika menggunakan server hosting yang cukup cepat atau menggunakan cloudflare, kita tidak perlu lagi menggunakannya karena ada setelan cache di cloudflare.

Umumnya tampilan blog wordpress menjadi berantakan disebabkan oleh masalah cache, meskipun ada juga masalah lain namun relatif kecil.

Nggak usah bingung dan panik. Semua ada solusinya. Paling menthok hubungi penyedia hosting untuk minta bantuan.

Sebenarnya, saya sering mengalami hal seperti ini sejak dulu. Namun setelah , salah satu blog saya padamu.net mengalami tampilan yang berantakan (beberapa saat sebelum saya menulis artikel ini) lantas saya coba berbagi tulisan. Dan cuma beberapa menit saja membetulkannya, kemudian buat artikel ini.

 

Mengatasi Tampilan Blog WordPress Yang Berantakan

About Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

View all posts by Lentera SEO →

Tinggalkan Balasan