Membuat Persaingan Antar Blog Milik Sendiri

Membuat persaingan antar blog milik sendiri itu maksudnya bagaimana? Barangkali pertanyaan itu sekilas terbesit di benak kamu. Jika pun paham, tentu akan memvonis itu akan merugikan salah satu blog.

Ngeblog (mengelola blog) serius harus memiliki strategi. Mulai dari membuat artikel bagus, tampilan blog yang ciamik hingga belajar SEO agar blog dapat bersaing di situs mesin pencari.

Saya pun punya strategi dengan mencontoh salah satu strategi dalam bisnis yaitu membuat beberapa produk meskipun produk tersebut relatif sama (saya nggak tahu istilahnya, jika ada, karena saya bukan ekonom).

Contoh nyata. Jika kita mau berpikir, mengapa perusahaan rokok membuat macam-macam merek (bukan jenis)? Misalkan Gudang Garam ada GG Surya, GG Internasional, Signature, promild, dll. Seperti juga indofood yang punya indomie, sarimie, supermie, atau Unilever dengan shampo clear, sunsilk, dove, lifeboy?

Mengapa mereka nggak buat satu merek saja? Kenapa harus bersaing? Toh sama-sama rokok, mie instan atau shampo. Tentu ada alasan tertentu. Salah satu alasan pangsa pasar yang berbeda. Tapi saya nggak membahas itu lebih lanjut.

Mengapa kita tidak mencoba pada blog? Artinya, kita membuat blog banyak dan biarkan blog-blog tersebut bersaing untuk mendapatkan pengunjung sesuai pangsa-nya.

Namun, yang perlu diperhatikan dalam dunia blog adalah duplikat konten. Meskipun pada dasarnya Google tidak menghukum (deindex) namun bisa saja konten yang sama persis akan ditenggelamkan di SERP.

Oleh karena itu, masing-masing konten harus punya ciri khas tersendiri meskipun topiknya sama. Buat kalimat yang berbeda, misalkan yang satu serius, blog satunya santai, blog yang lain pakai bahasa alay, dll. Yang terpenting tidak sama persis. Seperti contoh produk di atas.

Tentu saja ini cukup berat karena harus membuat artikel yang berbeda dengan topik yang sama. Di sinilah kreatif menulis diperlukan. Jadi bukan artikel yang sama untuk beberapa blog.

Yang perlu diketahui juga, meskipun bersaing namun mereka bisa saling mendukung bahkan menjadi backlink alami. Tapi awas, perlu strategi juga. Publikasi artikel jangan bersamaan, harus dibuat jeda waktu minimal satu bulan.

Jika blog tersebut dikelola dengan serius, tidak mustahil masing-masing blog dapat bersanding di SERP. Sebagai contoh tiga blog yang saya miliki bisa berada di halaman satu dengan keyword pencarian yang sama (kotak merah).

Persaingan Antar Blog Milik Sendiri

Jika terjadi seperti di atas, berdasarkan tingkah laku para pencari di internet, biasanya mereka akan membuka beberapa hasil. Dengan demikian, kemungkinan besar masing-masing blog milik kita akan dikunjungi.

Jika mau mengamati, banyak blogger yang memiliki beberapa blog dengan artikel yang mirip namun menggunakan domain yang berbeda. Dan terkadang semua bisa berada pada halaman yang sama di SERP.

Bagaimana, mau mencoba?

 

Membuat Persaingan Antar Blog Milik Sendiri

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan