Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet

Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa cara meningkatkan kecepatan internet ini adalah menormalkan atau menciptakan kecepatan yang optimal sesuai dengan paket kecepatan layanan internet yang ada. Jadi, BUKAN UPGRADE, misalkan paket 1mb akan menjadi 10mb, 3G akan menjadi 3,5G atau 4G.

Ada beberapa kasus ketika koneksi internet terasa lambat, tidak seperti biasanya. Masalah ini bisa karena faktor provider atau penyedia layanan internet yang sedang bermasalah atau bisa disebabkan oleh pengguna (pelanggan) baik itu yang disengaja maupun tidak. Pembahasan ini mengulas masalah internal dari sisi pelanggan (pemakai).

Kecepatan Koneksi Internet

 

Bagaimana cara meningkatkan kecepatan internet?

Sebelumnya, sebaiknya mengetahui kecepatan internet yang kamu gunakan terlebih dahulu, apakah sudah sesuai dengan paket layanan yang dipilih? Kamu bisa menggunakan tools tes bandwidth online gratis yang akan memberikan informasi kecepatan download dan upload pada koneksi pada saat ini. Bisa gunakan tools gratis test speed ini.

Jika hasil kecepatan download dan upload lambat atau tidak sesuai dengan pilihan paket layanan dan itu bukan disebabkan oleh provider (misalkan ada gangguan teknis), maka cobalah memeriksa bagian-bagian di bawah ini:

1. Periksa kabel modem dan router dan pastikan memiliki koneksi yang solid dan bersih 

Merupakan fakta bahwa kabel rusak, berdebu, atau longgar yang berasal dari kabel modem atau DSL ke router nirkabel atau  ke komputer dapat menyebabkan pengurangan kecepatan internet secara signifikan. Bersihkan semua koneksi secara teratur. Perhatikan ventilasi udara di sekitar semua komponen listrik agar tidak terlalu panas. Kualitas kabel Ethernet dan DSL dapat memainkan peran dalam kecepatan keseluruhan koneksi Internet Anda. Beli kabel yang diberi nilai khusus untuk tujuan yang diinginkan, dan ganti kabel saat sudah usang atau ketinggalan jaman. Jangan gunakan kabel lama atau rusak. Juga buat sependek mungkin.

2. Instal perangkat lunak firewall GlassWire [FREE Firewall and Network Monitor Tool]. 

Download GlassWire disini secara gratis. Software ini akan menunjukkan aplikasi-aplikasi di komputer yang mengirimkan data melalui Internet tanpa kamu sadari. Firewall dan monitor jaringan GlassWire membantu melindungi privasi dan keamanan kamu dengan memantau aktivitas jaringan dan aktivitas yang mencurigakan. Setelah aktivitas mencurigakan terdeteksi, kamu dapat memblokir ancaman potensial dengan tool manajemen firewall GlassWire.

3. Periksa filter jika pakai. 

Jika kamu menggunakan filter berkualitas rendah atau tidak dapat diandalkan, dapat menyebabkan penurunan kecepatan internet Anda sebesar 30 sampai 60% dan Anda akan sering mengalami pemutusan. Jadi selalu beli Filter, Modem & Router berkualitas tinggi.

4. Hapus semua program yang tidak perlu dari perangkat. Terkadang program itu dapat menggunakan bandwidth  dengan berjalan di latar belakang.

Gunakan fitur Add or Remove Programs dari Control Panel for PC untuk menghapus program yang tidak kamu gunakan secara teratur. Kamu juga dapat mengakses lewat Task Manager dengan menekan “Ctrl + Alt + Delete” untuk PC untuk melihat apakah ada program yang berjalan di latar belakang yang tidak kamu inginkan. Hapus semua program yang tidak dibutuhkan lagi, tapi berhati-hatilah untuk menghapus item jika tidak yakin dengan tujuan atau fungsinya di komputer kamu. Selalu pasang jumlah minimum aplikasi yang sebenarnya kamu gunakan setiap hari. Jadi, copot semua aplikasi & game sampah dari perangkat. Untuk android dan iOS, kamu bisa mendapatkan aplikasi gratis untuk membersihkan perangkat kamu.

5. Mencegah Windows Download Pembaruan Secara Otomatis. 

OS Windows di komputer secara otomatis akan memeriksa pembaruan dan menginstal pembaruan yang ditemukan. Kamu dapat mengaturnya, namun opsi ini disembunyikan. Kamu bisa Mencegah Pembaruan Update secara Otomatis pada Koneksi Tertentu dengan mengaturnya.

6. Internet nirkabel dan keamanan Anda. 

Saat ini modem yang digunakan umumnya tersedia hot spot atau wifi. Untuk itu pastikan wifi tidak terbuka (Tidak ada kata kunci yang dilindungi). Perlindungan ini akan membantu untuk menonaktifkan akses internet yang tidak sah oleh orang lain. Selain dapat mengurangi kecepatan internet, sambungan yang tidak dilindungi dapat menyebabkan hacking dan pengguna lainnya dapat mengetahui informasi pribadi Anda.

7. Ubah saluran Wi-Fi Anda atau Nonaktifkan telepon nirkabel itu! 

Saluran wifi Anda sangat penting untuk kecepatan internet yang baik. Dalam kebanyakan kasus, saluran wifi 2,4 GHz dan telepon nirkabel 2,4 GHz lainnya dengan saluran yang sama dapat bekerja bersama sehingga akan menimbulkan masalah. Seperti sinyal wifi yang buruk atau kecepatan internet yang lambat. Beralih ke salah satu saluran ini akan mengurangi interferensi dan mungkin meningkatkan kecepatan Anda.

8. Matikan perangkat yang tersambung ke Internet bila tidak digunakan. 

Saat ini bisa saja dalam satu rumah memiliki lebih dari 5 perangkat yang bisa dihubungkan dengan Internet, seperti smartphone, IPods atau pemutar MP3, printer, game konsol, dan televisi Smart lainnya. Saat perangkat ini dinyalakan, mungkin menggunakan bandwidth dari koneksi internet kamu meskipun tidak digunakan. Matikan semua perangkat setelah digunakan untuk memastikan bandwidth kamu diperuntukkan hanya penggunaan perangkat secara aktif.

9. Gunakan Google Public DNS atau OpenDNS

Jika memungkinkan, gunakan Google Public DNS & OpenDNS yang dirancang untuk mempercepat dan membantu mengamankan pengalaman penjelajahan Web dengan memanfaatkan jaringan server DNS cepat di seluruh dunia. Apa perbedaan antara kedua layanan ini? Baca lebih banyak tentang Google DNS VS OPEN DNS.

 

Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet yang Lemot – Lentera SEO

One Comment on “Cara Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet”

Tinggalkan Balasan