Siapa Yang Menciptakan Istilah SEO?

Posted on

Tahukah kamu, siapa yang menciptakan istilah SEO (Search Engine Optimization) pertama kali? Sebenarnya tidak ada masalah jika tidak mengetahui siapa yang pertama kali mencetuskan kata SEO, namun bagi yang ingin belajar SEO lebih mendalam, tentu ingin mengetahui latar belakangnya, bukan?

Sedikit berbeda antara sejarah asal-usul istilah SEO dengan sejarah ilmu SEO. Ilmu SEO hadir terlebih dahulu namun belum menggunakan atau mengenal istilah kata SEO dalam mengoptimasi mesin pencari. Istilah SEO baru ramai digunakan setelah kehadiran mesin pencari Google tahun 1998 yang kala itu masih belum memiliki algoritma yang bagus sehingga banyak webmaster melakukan manipulasi.

Hampir sama dengan sejarah SEO, istilah SEO pun sedikit sulit dilacak siapa yang pertama kali menggunakannya. Pada artikel-artikel tentang SEO, ada 3 sumber informasi tentang istilah SEO, namun hanya 2 yang bisa dianggap mendekati kebenarannya sedangkan yang 1 dianggap mengada-ada. Berikut ulasannya.

1. SEO versi Bob Heyman 

Asal sebenarnya dari penggunaan istilah SEO terjadi dengan cara ini: (seperti diceritakan dalam buku “Net Results that Leland” yang ditulis Bob Heyman dengan Rick Bruner pada tahun 1997)

Seorang manajer dari grup band rock Jefferson Starship, pada musim panas 1995,  dini hari sekitar jam 03:00 menelpon Bob Heyman yang menjabat senior vice president of audience development pada Cybernautics. Manajer tersebut marah-marah karena pencarian dengan keyword “Jefferson Starship” pada mesin pencari tertentu, muncul setelah beberapa layar halaman hasil pencarian dibuka.

Kenapa manajer tersebut bisa sangat marah? Awalnya dia ingin memperkenalkan bahwa grup band rock Jefferson Starship telah memiliki situs sendiri. Sayangnya dia tidak ingat dengan nama domain atau URL-nya (www.jstarship.com, sekarang mati), sehingga ia terpaksa mencarinya di sebuah mesin pencari dengan kata kunci “Jefferson Starship”. Manajer tersebut sangat jengkel karena hasil pencarian tidak berada pada bagian atas daftar hasil pencarian.

Keesokan paginya, diadakan rapat bersama Bob Heyman dan staf penting lainnya untuk membicarakan dan menjelaskan bahwa www.jstarship.com harus ada di halaman awal hasil mesin pencari. serta menguasai peringkat mesin pencari merupakan prioritas baru yang harus dimiliki perusahaan.

Setelah itu para desainer Cybernautics melakukan optimasi pada situs www.jstarship.com dengan memasukkan kata kunci Jefferson Starship berulang-ulang dalam situsnya. Ternyata, apa yang diatur berhasil dalam pencarian organik (lewat mesin pencari) saat itu dengan melompat ke nomor satu.

Usaha untuk mengoptimasi mesin pencari terhadap situs grup band rock Jefferson Starship berhasil dengan baik, sehingga Bob Heyman dan Leland Harden disewa menjadi  SEOM (Search Engine Optimization Manager). Dan sejak itulah istilah SEO digunakan.

2. SEO versi Danny Sullivan

Pada tahun 1995, John Audette seorang internet marketing berencana untuk membantu banyak perusahaan dengan membuat proyek-proyek multi-media, tetapi dengan meningkatnya penggunaan web untuk pemasaran online, ia menemukan peluang besar di dalamnya dan kemudian mendirikan perusahaan Multi-Media Marketing Group (MMG) di Lake Oswego.

John kemudian merekrut Danny Sullivan untuk mengajar staf Multi-Media Marketing Group (MMG) tentang pengetahuan dan trik hasil peringkat pencarian di situs mesin pencari untuk perdagangan karena Danny telah melakukan penelitian tentang mesin pencari dengan hasil karyanya yang berjudul “A Webmaster’s Guide To Search Engines”. Dalam memperkenalkan pengetahuan dan trik ini, kemudian Danny Sullivan menggunakan istilah SEO “Search Engine Optimization” di bulan Juni tahun 1997, yang kala itu belum dikenal banyak orang.

Danny Sullivan seorang lulusan dari University of California, Irvine, merupakan seorang reporter untuk Los Angeles Times dan The Orange County Register. Danny banyak membantu cara memaksimalkan kegiatan Online dengan programmer Ken Spreitzer. Danny pada bulan April 1996 memposting penelitian tentang mesin pencari yang kemudian lebih dikenal dengan “A Webmaster’s Guide To Search Engines” serta mendapat akreditasi saat mempopulerkan istilah Search Engine Marketing dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Search Engine Watch.

3. SEO versi Jason Gambert 

Jason Gambert  mengklaim telah menciptakan istilah SEO (Search Engine Optimization) dan telah dipatenkan ke US Patent dan Trademark Office pada tahun 2007. Namun banyak ditentang oleh praktisi SEO saat itu, mengingat SEO sudah ada pada tahun 1997. Jason Gambert  dianggap mengada-ada dan berusaha mematenkan SEO. Baca: SEO Pernah Dipatenkan Sebagai Merek Dagang

 

Itulah 3 ulasan singkat dari Lentera Seo yang berhasil dikumpulkan tentang sejarah penggunaan istilah SEO. Mungkin ada versi lain.

 

One thought on “Siapa Yang Menciptakan Istilah SEO?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *