Menambahkan Subdomain WordPress.com Ke Google Webmaster

Google Search Console (GSC) atau Google Webmaster Tool merupakan salah satu alat bantu agar Google dapat menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat situs kamu. Selain itu, Search Console dapat membantu mengukur traffic dan performa penelusuran situs kamu, memperbaiki masalah, dan menjadikan situs kamu menonjol di hasil Google Penelusuran. Intinya GSC diperlukan jika ingin situs kamu diindeks Google dengan lebih baik. Tambahkan Semua Domain di Search Console

Selain itu, pemilik situs benar-benar memperhatikan Pedoman Kualitas dari Google, yang menjelaskan beberapa praktik yang melanggar hukum yang dapat mengakibatkan situs dihapus dari indeks Google secara keseluruhan atau terkena dampak tindakan spam manual atau algoritme. Jika situs terkena dampak tindakan spam, situs tersebut tidak akan muncul lagi dalam hasil penelusuran di Google.com atau situs partner Google.

Menambahkan WordPress.com Ke Google Webmaster

Kali ini saya hanya membahas bagaimana jika memiliki blog gratis dari wordpress yang menggunakan subdomain.wordpress.com. Kalau menggunakan subdomain.blogspot.com biasanya otomatis ditambahkan ke GSC.

Jika menggunakan wordpress.com versi gratis, kita tidak bisa menambahkan kode verifikasi GSC baik itu melalui plugin maupun root di hosting. Namun WordPress.com menyediakan fitur untuk menambahkan kode verifikasi GSC, Bagaimanapun juga Google webmaster sangat penting jika ingin mengelola blog dengan serius, meskipun itu blog gratisan.

Langkah-langkah submit subdomain.wordpress.com ke GSC, sebagai berikut:

1. Buka Google Webmaster dan masuk dengan akun google yang kamu miliki.

Tambahkan properti (menu kiri atas). Pilih jenis properti awalan url  dan masukkan subdomain wordpress.com yang akan ditambahkan ke GSC. Klik terus.

masukkan url yang akan ditambahkan ke GSC

Pilih Verifikasi kepemilikan dengan menggunakan Tag HTML. Kemudian salin atau copy seluruh kode meta tag yang ada.

Verifikasi kepemilikan menggunakan Tag HTML

Jangan klik verifikasi terlebih dahulu. Saatnya beralih ke dasbor wordpress.com

2. Buka dasbor wordpress.com (bukan dasbor blog).

Pilih blog yang akan didaftarkan ke google webmaster. Buka menu tools di sebelah kiri pada dasbor wordpress.com, pilih marketing. Pilih menu traffik pada dasbor sebelah kanan, geser ke bawah hingga menemukan Site Verification Services.

dasbor wordpress.com

Tambahkan tag meta yang telah disalin ke kotak yang ada. Jangan lupa “save setting” di kanan atas.

3. Kembali ke Google Webmaster

Pastikan meta tag di dasbor wordpress sudah tersimpan. Kemudian klik verifikasi dan tunggu beberapa saat, Jika berhasil akan ditunjukkan pemberitahuan buka properti.

dasbor google webmaster

Catatan:

  • Sebaiknya, saat mendaftarkan blog wordpress.com ke GSC, blog sudah jadi lengkap dengan halaman dan artikel.
  • Pilih inspeksi url homepage terlebih dahulu di kotak pencarian paling atas, tunggu beberapa saat untuk uji url aktif, kemudian minta pengindeksan.
  • Tambahkan atau kirim sitemap.xml di menu peta situs.
  • Sering-seringlah membuka GSC untuk mengetahui perkembangan blog.

Semoga Membantu

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan