Memilih Web Hosting Untuk Bisnis Online

Posted on

Secara umum, untuk membangun sebuah website ada dua cara, yaitu menggunakan layanan (hosting) gratis seperti Blogspot, WordPress, Marketplace, dan menggunakan layanan hosting berbayar. Kedua cara tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, khusus untuk website bisnis online ada pertimbangan yang dipikirkan berkaitan dengan web hosting, terutama bagi yang serius ingin menekuni bisnis online.

Untuk bisnis online, sangat disarankan membangun Website dengan menggunakan layanan web hosting berbayar seperti Hostinger. Mengapa hal ini sangat disarankan? Bagaimanapun juga bisnis selalu identik dengan uang dan kemakmuran, termasuk bisnis yang dikerjakan secara online. Salah satu kunci kesuksesan bisnis online adalah masalah kredibilitas. Jika menggunakan web hosting atau membuat website gratis, akan memberi kesan bahwa orang tersebut tidak serius dalam mengelola bisnis, karena tidak mau berinvestasi alias “tidak punya modal”. Kecuali jika sekedar untuk awal belajar atau mencoba bisnis online.

web hosting bisnis hostinger

 

Web Hosting Bisnis Online

Saat ini, memilih web hosting untuk bisnis online sangat mudah, selain semakin banyak penyedia hosting, harga hosting dan domain pun sudah cukup murah. Punya dana sekitar Rp200.000,- Rp300.000,- kamu sudah bisa mendapatkan hosting dan domain lengkap yang siap pakai untuk membuat website bisnis online. Apalagi dengan adanya fitur fantastico atau softaculous, di kontrol panel hosting akan mempermudah membuat website e-commerce tanpa harus mengerti kode-kode script.

Untuk keperluan membuat website toko online sebagai sarana bisnis, saya merekomendasikan menggunakan WordPress atau Prestashop yang ada di fantastico maupun softaculous. Pastikan salah satu fitur tersebut ada dalam layanan we hosting yang kamu beli. Cukup login ke cpanel web hosting dan kemudian pilih icon fantastico atau softaculous kemudian pilih WordPress atau Prestashop pada domain yang kamu punya dan selanjutnya klik tombol install dan ikuti petunjuk yang ada. Dalam waktu kurang dari 10 menit kamu sudah memiliki website standar yang bisa digunakan untuk bisnis online.

Untuk langkah selanjutnya tentang membuat website lebih detail, tampilan, keamanan dan lain sebagainya, kamu bisa mencari tutorial gratis tentang pembuatan Website di internet. Kamu pun bisa meminta bantuan web designer agar tidak terjebak pada masalah teknis membuat website dan hanya berkonsentrasi pada bisnis online yang kamu buat.

Untuk keperluan membangun website bisnis online, bisa menggunakan layanan provider web hosting www.hostinger.co.id. Selain karena harganya terjangkau dan memiliki fitur unlimited, provider ini juga menyediakan layanan web hosting bisnis yang sangat cocok dengan perkembangan kebutuhan sebuah toko online. Dengan memilih layanan Web hosting bisnis, pengelolaan aplikasi web dengan resource tinggi akan mampu ditangani seiring perkembangan bisnis online kamu. Belum lagi framework serta sistem manajemen konten yang powerful.

bisnis online

Komponen Website Bisnis Online

Selanjutnya, setelah memilih web hosting yang tepat buat membangun Website toko online, ada enam komponen yang wajib diperhatikan untuk bisnis online yang kamu kelola yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas dan menumbuhkan kepercayaan calon pembeli. Apa saja itu?

1. Halaman Produk

Buatlah halaman produk yang lengkap dengan foto dan spesifikasi yang jelas sangat penting agar calon pembeli yakin dengan pilihan dan kualitas barang yang dicari.

2. Shopping Cart

Untuk memudahkan calon pembeli memasukkan pesanan, perlu membuat shopping cart yang ditandai dengan adanya tombol order. Ingat, toko online buka selama 24 jam penuh, dengan demikian calon pembeli dapat memasukkan pesanan, kapan saja.

3. Cara Pembayaran

Adanya beberapa alternatif pembayaran, akan memudahkan calon pembeli melakukan transaksi pembelian. Semakin banyak alternatif semakin baik. Tampilkan semua cara pembayaran yang dapat diterima, seperti logo-logo bank dari rekening yang kamu siapkan, termasuk cara pembayaran menggunakan kartu kredit dan PayPal, jika tersedia.

4 Profil, Nomor Kontak, dan Alamat Usaha

Untuk menunjukkan dan meyakinkan calon pembeli bahwa kamu adalah penjual yang kompeten maka profil usaha perlu dibuat. Meskipun toko online merupakan bisnis virtual, namun kejelasan alamat usaha offline (nyata) harus dibuat agar calon pembeli lebih tenang dan percaya. Kamu wajib mencantumkan nomor kontak yang dapat dihubungi dan alamat secara jelas agar ketenangan dan kepercayaan calon pembeli terbentuk. Calon pembeli pasti akan berpikir ke mana ia akan komplain jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

5. Live Chat atau Live Support

Fasilitas ini adalah wajib, yaitu agar calon pembeli dapat berinteraksi langsung dengan kamu atau tim penjualan. Fasilitas ini juga memudahkan mereka dalam melakukan prospecting kepada calon pelanggan dan melakukan dosing.

6. Halaman Testimoni

Halaman testimoni sangat diperlukan sebagai ungkapan perasaan pelanggan. Selain itu dengan adanya testimoni akan memberikan efek “perilaku massal”, seperti perasaan jika banyak orang lain yang puas, saya juga akan puas. Testimoni bisa berupa komentar positif pelanggan atau foto nomor resi bukti pengiriman barang, dan lain sebagainya.

Semoga informasi di atas tersebut dapat membawa bisnis online kamu lebih sukses.

 

Web Hosting Untuk Bisnis Online – Lentera SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *