5 Cara Mengelola Toko Online dengan Website Builder 

cara membuat website

Toko online belakangan kian menjamur, terlebih sejak kehadiran marketplace yang membuat siapa saja bisa berbisnis online. Bahkan, tak sedikit pebisnis ritel atau pemilik brand besar yang akhirnya membuka toko online untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas.

Mudah sekali menemukan cara membuat website gratis di internet. Begitu pula memperoleh hosting murah dan cek nama domain murah yang terpercaya. Kehadiran platform siap pakai dan website builder mendorong siapa saja bisa membangun web toko online dalam beberapa langkah mudah, cepat, dan praktis.

Cek nama domain melalui Zyro
Cek nama domain melalui Zyro

Dengan mempunyai website toko online sendiri, Anda bebas mengatur, mendesain, dan  menerapkan sistem sesuai keinginan maupun kebutuhan. Namun, perhatikan dulu cara mengelola web toko online dengan baik dan benar berikut ini.

Cara Mengelola Toko Online dengan Website Builder

Ada dua komponen dasar dalam membuat website toko online, yaitu:

  1. Domain. Anda harus beli domain sebagai alamat website agar nama toko online akan muncul dalam hasil pencarian internet. Tentukan nama domain nama domain unik, padat, dan tepat sasaran, mengingat nama domain ini berfungsi juga sebagai branding bisnis Anda.
  2. Hosting, satu kesatuan dengan domain. Umumnya hosting murah terpercaya sudah cukup andal untuk penyimpanan file, data, hingga informasi situs secara online.

Setelah menentukan kedua komponen tersebut, Anda tinggal cari tahu cara membuat website toko online mana yang paling mudah. Salah satunya memakai website builder seperti Zyro yang dirancang untuk e-commerce. Lalu, bagaimana cara mengelola website toko online yang dibuat dengan aplikasi perancang web? Mari simak penjelasan berikut.

1. Buat toko online Anda tampak profesional

Fokus pada kualitas sejak awal akan memotivasi diri membangun bisnis online yang profesional. Hal ini harus tampak dalam cara membuat website. Pelajari kesinambungan antara desain web dan fungsinya sehingga siapa saja yang berkunjung ke toko online Anda memperoleh pengalaman menyenangkan.

toko online profesional

Pengalaman positif saat berkunjung ke web akan mendorong konversi menuju pembelian. Perlu diketahui, pembeli online kerap memutuskan apakah suatu web itu kredibel dan ingin membeli dari web dalam waktu maksimal lima detik. Maka, pastikan web toko online Anda tampil sederhana tetapi tepat sasaran, dapat dipercaya, dan mudah dinavigasikan.

2. Beri opsi berbagai cara pengiriman

Menentukan seperti apa opsi pengiriman pada toko online memang bergantung pada produk, tipe bisnis, target pasar, dan solusi yang ditawarkan e-commerce Anda. Maka, pastikan semua aspek tersebut sudah dipertimbangkan masak-masak sebelum menentukan rekanan ekspedisi dan mencantumkannya dalam web.

Apalagi, kecepatan, ketepatan, serta keamanan pengiriman berperan signifikan bagi reputasi toko Anda. Kualitas barang boleh bagus, tetapi jika pengiriman lambat, konsumen berpikir dua kali untuk kembali berbelanja di tempat Anda. Pun demikian dengan lingkup penjualan. Usahakan menguasai pasar pengiriman domestik lebih dulu, baru lebarkan sayap ke pengiriman internasional.

3. Cek lagi apakah web sudah mobile responsive

Tahukah Anda bahwa belanja melalui smartphone mengisi angka 30% belanja online e-commerce? Persentase tersebut boleh jadi terus meningkat dari tahun ke tahun seiring semakin tingginya tingkat pemakaian perangkat digital mobile. Oleh karena itu, di samping mengandalkan marketplace, web toko online pun harus mobile-friendly.

Saat belajar cara membuat website dengan website builder, pastikan Anda sudah membuat web yang mobile responsive. Keuntungan memakai aplikasi perangkat web adalah Anda tidak usah lagi mengutak-atik bagian tertentu agar tampilan web versi mobile bisa berjalan mulus serta sesuai dengan pedoman webmaster Google. Semua sudah otomatis terjadi begitu Anda memilih template. 

Anda dapat mencoba trik berikut. Jatuhkan pilihan pada template yang menampilkan desain vertikal supaya orang lebih mudah scrolling saat melihat konten di layar smartphone. Kemudian, jangan lupa lakukan uji mobile responsive web toko online dengan mengaksesnya dari smartphone. Jelajahi juga tiap navigasi web guna memeriksa apakah ada kesalahan.

4. Pakai metode pembayaran yang populer di kalangan pembeli

Salah satu faktor mengapa pembeli senang berbelanja online adalah kemudahan pembayaran. Selain memaksimalkan metode pembayaran yang ditawarkan oleh website builder, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalin kerja sama dengan berbagai penyedia aplikasi pembayaran online. 

Sebut saja, dompet digital atau e-wallet, fitur one-click pay, maupun kartu debit/kredit. Setelah itu pelajari dengan saksama masing-masing opsi metode pembayaran supaya Anda bisa menangani setiap pilihan konsumen dengan baik. Bagaimanapun juga, ketersediaan opsi online payment paling baru turut mendongkrak kredibilitas sebagai toko online terpercaya.

5. Integrasikan dengan media sosial

Jangan lupa cantumkan link media sosial pada web Anda, sekaligus bangun pemasaran efektif di platform media sosial. Selain menaikkan brand awareness toko online, Anda juga bisa membangun engagement dengan konsumen dan calon pembeli. Maka, siapkan pula konten yang bisa mengarahkan pengikut ke website toko online.

metode pembayaran yang populer

Cara mengelola toko online dengan website builder boleh dibilang gampang-gampang susah. Maka, pastikan Anda tahu cara membuat website paling mudah dengan memilih Zyro sebagai website builder andalan. Tidak perlu terampil bahasa pemrograman saat memakai aplikasi perancang web.

Mulai dari memilih template, mengatur layout dan tampilan web, sampai mengelola bisnis online, Zyro memberi Anda pengalaman terbaik dalam menciptakan etalase toko online yang mampu memikat pembeli.

Ayo mulai, kelola, dan bantu bisnis e-commerce Anda bertumbuh bersama Zyro.

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan