Layanan Google yang Ditutup

Meskipun saat ini Google “menguasai” internet dalam mesin pencarian, namun tidak semua layanan Google yang ada dapat diterima oleh pengguna internet. Oleh karena itu, ada beberapa layanan Google yang ditutup. Faktor utama tentu saja tidak ada peminatnya atau kemungkinan layanan tersebut tidak memenuhi harapan perusahaan. Selain itu ada juga yang diubah menjadi layanan yang lebih baik.

Apa saja layanan Google yang telah ditutup? Dan mungkin akan terjadi lagi pada tahun-tahun yang akan datang.

Layanan Google

Layanan Google yang Ditutup

1. Google Answers

Layanan ditutup akhir Desember 2006. Google Answers adalah portal untuk mengirim jawaban atas permintaan pengguna lain. Orang yang bertanya membayar antara $ 2 sampai $ 200.Alasan penutupan mempertimbangan produk lain yang lebih efektif untuk membantu pengguna Google menemukan informasi.

2. Google Video Marketplace

Ditutup pada bulan Agustus 2007. Google Video Market place layanan yang memungkinkan konsumen membeli dan menyewa berbagai macam konten video dari jaringan utama televisi, liga olahraga profesional, Programmerkabel , produsen independen dan pembuat film saingan iTunes Apple.
3. Google Lively

Layanan dihentikan pada akhir Desember 2008. Google Lively lingkungan virtual untuk chatting dan berbagi seperti situs jejaring sosial 3D di mana pengguna bisa menyesuaikan setiap aspek dari ruangan yang dia buat.

4. Google Print Ads and Google Radio Ads
Layanan dihentikan pada tahun 2009. Google Print Ads and Google Radio Ads  penjualan iklan cetak dan iklan radio dengan biaya yang jauh lebih rendah.

5. Dodgeball

Layanan dihentikan pada tahun 2009. Dodgeball adalah layanan jejaring sosial berbasis lokasi dimana pengguna bisa menggunakan melalui pesan teks. Ini memungkinkan seseorang untuk menyiarkan atau lokasi nya kepada pengguna lain. Mereka kemudian bisa bertemu.

6. Google Fast Flip

Menghentikan layanan pada September 2011. Google Fast Flip adalah agregator berita online menggabungkan unsur-unsur cetak dan artikel online  berisi kumpulan berita terbaru, berita utama dan topik populer, serta feed dari penerbit untuk individu.
7. Google Notebook

Juli 2012 layanan ditutup. Google Notebook adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk browsing, klip, dan mengatur informasi dari seluruh situs melalui aplikasi tunggal, secara online yang dapat diakses dari komputer manapun. Google mulai memindah data Google notebook ke Google docs pada bulan November 2011.

8. Google Buzz

Layanan dihentikan Oktober 2011. Google Buzz upaya pertama produk saingan Facebook sebuah Jejaring sosial, microblogging untuk berbagi link, foto, video, pesan status dan komentar yang terintegrasi ke Gmail.

9. Google Jaiku
Layanan ditutup pada 15 Januari 2012. Google Jaiku seperti Twitter jaringan sosial, micro-blogging dan layanan lifestreaming dibeli oleh Google pada bulan Oktober 2007 dari Jyri Engeström dan Petteri Koponen.
10. Google Wave
Layanan ditutup bulan April 2012 setelah Google Docs mampu mengakses data-data wave. Google WAVE adalah tempat menyamakan tujuan, di mana orang dapat berkomunikasi dan bekerja sama dalam tulisan, foto, video, peta, dan banyak lagi.
11. Knol

Semua konten dihentikan dan dihapus pada Oktober 2012. Knol adalah artikel otoritatif tentang topik tertentu, yang ditulis oleh orang-orang yang tahu tentang hal tersebut sebagai upaya Google untuk bersaing dengan Wikipedia.

12. Picnik

Menutup layanan pada tanggal 19 April 2012. Picnik adalah layanan editing foto online yang telah di-akuisisi  pada tahun 2010.

13. Google Reader

Layanan ditutup Juli 2013. Google Reader adalah agregator RSS feed / Atom yang dikembangkan oleh insinyur Chris Wetherell dan diluncurkan melalui Google Labs.

14. iGoogle

Ditutup pada tanggal 1 November 2013. iGoogle adalah homepage pribadi. Seorang pengguna dapat menyesuaikan homepage Google dengan ‘Gadget’seperti newfeed, Google Chat, timer, kutipan sastra harian, permainan dan sebagainya.

15. Google Health

Layanan ini ditutup total pada Januari 2013. Google Health sebuah layanan yang memungkinkan pengguna menyimpan catatan kesehatan mereka di lokasi yang terpusat yang bermitra dengan penyedia layanan kesehatan.
16. Google Code
Google Code merupakan layanan hosting proyek pada tahun 2006 milik Google, yang terbatas. Sebenarnya pertengahan tahun 2014 sudah ada tanda-tanda bakal akan terjadi penutupan layanan ini, alasannya adalah: Telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam proses download di Google Code sebagai sumber kejahatan.  Mulai 12 Maret 2015, Google Code telah menonaktifkan pembuatan proyek baru serta akan menutup layanan ini pada 25 Januari 2016.

Google menutup beberapa layanannya 

Tinggalkan Balasan