Contoh Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Saat Interview Kerja

Pada era globalisasi saat ini, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni bisa ini menjadi salah satu faktor penting saat melamar pekerjaan di banyak perusahaan. Banyak kantor yang menggunakan bahasa Inggris saat interview atau wawancara kerja. Untuk itu, jika bahasa Inggris masih jauh dari yang diharapkan, sebaiknya belajar secara profesional seperti di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Saat Interview Kerja

Berikut ini ada beberapa tips dan contoh perkenalan dalam bahasa Inggris dari EF yang bisa diterapkan dalam interview saat melamar kerja.

Singkat, padat, dan jelas

Saat memperkenalkan diri, hindari memberikan penjelasan terlalu panjang, apalagi menambahkan informasi yang tidak berkaitan dengan pengalaman profesional. Usahakan untuk menyampaikan perkenalan yang berisi informasi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Sering kali, kesalahan yang terjadi pada proses perkenalan dalam interview adalah memberikan informasi yang mungkin terlalu pribadi dan tidak ada kaitannya dengan pengalaman kerja kamu selama ini.

Contoh dari perkenalan singkat, padat, dan jelas.

“I am currently working at A Company and I specialize in doing content writing. I applied for this job because I saw creative writing on the job description and I think I would be able to help your company to reach its goal. One of my key accomplishments in my role is helping the company to get a lot of engagement from its user, and I am confident I can help your company to get a similar result.”

Memulai dengan pendahuluan yang tepat

Hasil interview pekerjaan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, biasanya tergantung pada kalimat pendahuluan yang kamu gunakan saat perkenalan. Pasalnya, jika kamu gagal memberikan first impression yang baik, interviewer mungkin saja tidak tertarik dengan apa yang kamu sampaikan berikutnya.

Contoh pendahuluan dalam perkenalan saat interview adalah menjelaskan secara umum latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, bagi yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Jika kamu lulusan baru atau fresh graduate, kamu bisa menggunakan perkenalan seperti:

“I graduated with my degree in Literature three months ago. I chose that field of study because I’ve always been interested in writing and now I want to pursue a career that is related to what I studied.”

Tunjukkan pengalaman atau pencapaian terbaik

Bagi kamu yang sudah pernah bekerja di tempat lain, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman atau pencapaian terbaik yang pernah kamu dapat selama bekerja pada posisi tersebut. Sebagai contoh, kamu menceritakan bahwa pernah mendapatkan promosi jabatan karena kinerja kamu sangat baik. Kamu juga bisa menceritakan pengalaman kamu menyelesaikan suatu masalah penting yang sedang dihadapi perusahaan tempat kamu bekerja, termasuk Menggunakan Bahasa Inggris Dalam Bisnis.

Namun ingat bahwa pengalaman dan pencapaian tersebut sebaiknya yang masih berhubungan dengan perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Oleh karenanya, kamu juga perlu mencari tahu apa skill yang paling penting untuk posisi yang sedang mereka tawarkan.

Contoh perkenalan dalam bahasa Inggris saat interview.

“I graduated with my degree in Literature four years ago and immediately went to work for e-commerce. My proudest moment was when I got a promotion within a year.”

Sampaikan tujuan saat melamar pekerjaan

Dalam perkenalan saat interview menggunakan bahasa Inggris, kamu perlu mengakhirinya dengan menjelaskan keinginan atau tujuan saat melamar posisi untuk pekerjaan tersebut. Hal ini penting untuk menunjukkan keseriusan kamu untuk mengisi posisi tersebut.

Salah satu contoh mengakhiri perkenalan dalam interview bahasa Inggris.

“This position seems like a great opportunity for me to advance those skills I just talked about and continue challenging myself.”

Beberapa contoh di atas bisa menjadi inspirasimu untuk menyusun perkenalan yang baik saat menjalani interview kerja demi hasil yang memuaskan. Jika ikut kelas di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, bukan hanya perkenalan saja, melainkan juga memahami bagaimana cara mengekspresikan diri dalam bahasa Inggris dan mampu berkomunikasi dengan lancar disertai dengan struktur bahasa yang tepat.

sumber: https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog

 

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Saat Interview Kerja

About the Author: Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

You May Also Like

Tinggalkan Balasan