Cara Atasi Diare Saat Haid Datang

Alasan pasti mengapa diare terjadi selama menstruasi Anda tidak sepenuhnya dipahami, tetapi itu cukup umum dan sering dikaitkan dengan nyeri haid yang normal. Diyakini sebagai penyebab utama adalah prostaglandin, bahan kimia yang dikeluarkan selama periode Anda yang memungkinkan rahim, dan dengan demikian usus, berkontraksi.

Diare Saat Haid

Prostaglandin juga dapat menyebabkan nyeri lain yang berhubungan dengan dismenore, istilah medis untuk periode menstruasi yang menyakitkan. Kram dan diare yang terkait dengan prostaglandin biasanya terjadi pada tiga hari pertama periode menstruasi Anda.

Diare, serta gejala gastrointestinal lainnya, seperti kembung dan mual, juga dapat terjadi selama seminggu sebelum menstruasi. Dalam kasus ini, diare dapat menjadi bagian dari kelompok gejala, biasanya termasuk perubahan suasana hati ringan, yang disebut sindrom pramenstruasi (PMS).

Mengelola Diare Selama Periode Anda

Wanita yang sering mengalami serangan diare selama haid mereka harus bersiap untuk apa yang akan datang. Jika diare hanya sesekali atau tidak mengganggu, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, karena Anda tahu itu akan berlalu dengan cepat.

Mengambil loperamide atau anti-diare lainnya dapat membantu menenangkan atau mencegah gejala diare, tetapi pastikan untuk memeriksa dengan dokter Anda sebelum mengambil obat-obatan ini. Juga, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak cairan. Menambah serat ekstra juga dapat membantu menguatkan tinja yang longgar dan mungkin mengurangi gejala diare Anda. Kiat lain adalah mencoba makan makanan yang mengandung kultur aktif bakteri menguntungkan (probiotik), seperti yang ditemukan dalam yogurt.

Anda dapat mengelola dan mencegah beberapa gejala pramenstruasi dan dismenore dengan mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Ibuprofen atau Naproxen untuk menghambat pelepasan bahan kimia yang berkaitan dengan nyeri. Mengambil pil KB untuk mencegah ovulasi juga dapat membantu mencegah banyak gejala menyakitkan bagi beberapa wanita.

Percaya atau tidak, olahraga adalah salah satu obat terbaik untuk mengelola PMS dan nyeri haid. Olahraga ringan dapat membantu meringankan kram dengan meningkatkan aliran darah – dan apa yang berhasil pada kram juga bisa mengatasi diare. Selain itu, hindari kafein dan junk food, karena keduanya dapat menyebabkan diare dan memperburuk PMS.

Tentu saja, bantal pemanas dari Ifree Indonesia, botol air hangat, atau kain hangat di seluruh area perut Anda juga dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi. Ingatlah bahwa diet sehat dan olahraga teratur dapat membuat perut dan perut Anda bahagia sepanjang waktu – terutama selama menstruasi.

 

Cara Atasi Diare Saat Haid Datang

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan