Blog Kanal Informasi Migrasi Ke WordPress

Mengikuti jejak blog Kanal Pengetahuan yang migrasi dari blogspot ke WordPress, akhirnya saya putuskan juga untuk melakukan migrasi blog Kanal Informasi ke WordPress juga.

Migrasi Ke WordPress

Sebenarnya blog Kanal Informasi ini lebih “bagus” dari blog kanal pengetahuan baik itu dari sisi jumlah pengunjung maupun hasil monetisasi. Terlebih, blog yang beberapa kali saya andalkan untuk bermain kontes SEO ini telah beberapa kali menikmati hasil dari Kontes SEO.

Untuk lebih serius mengelola blog, saya putuskan juga untuk menggunakan mesin blog WordPress dan mengembalikan subdomain kanalku.blogspot.com seperti sedia kala. Dengan demikian, terpaksa ada beberapa artikel yang saya edit dan hapus agar tidak double konten dengan kanalinfo.web.id. Selain itu, kanalku.blogspot.com tetap akan saya optimasi.

Meskipun, migrasi blog cukup melelahkan, namun untuk memaksimalkan blog tetap akan saya lakukan. Apalagi saat melakukan revisi artikel blog sempat terjadi hal yang mengejutkan, yaitu blog kanal informasi sempat dianggap situs yang berbahaya. Baca selengkapnya Situs Dianggap Berbahaya Oleh Google Chrome.

Proses melakukan migrasi blog sama seperti yang saya lakukan pada blog Kanal pengetahuan. Baca bagaimana cara saya melakukan Migrasi Dari Blogspot Ke WordPress. Namun untuk Kanal Informasi saya revisi dan optimasi terlebih dahulu dibandingkan dengan kanal pengetahuan yang migrasi terlebih dahulu. (Telah selesai saat artikel ini saya buat).

Tinggal menunggu peralihan 301 semua artikel yang ada di hasil SERP Google yang bisa memakan waktu yang relatif lama. Namun sebagian sudah terjadi terutama artikel yang paling banyak dicari secara organik.

Sampai tulisan ini dibuat, ada sedikit penurunan pengunjung dibandingkan saat masih menggunakan blogspot. Namun itu hal yang wajar meskipun hasil SERP Google relatif tidak ada perubahan. Hanya masalah trends keyword yang mulai turun serta belum ada update artikel baru selama bulan Januari 2019 ini.

Memang sedikit susah mengelola dua blog dengan menggunakan niche blog yang sama. Judul blognya pun hampir sama yaitu Kanal Informasi dan Kanal Pengetahuan. Seharusnya satu blog menjadi Kanal Informasi dan Pengetahuan. Namun dengan adanya migrasi ini, semua artikel di masing-masing blog akan direvisi ulang termasuk membuat tag yang selama di blogspot tidak ada.

Tetap semangat !

About Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

View all posts by Lentera SEO →

Tinggalkan Balasan