Bagaimana Meningkatkan Posisi Website di Google?

Bagaimana saya dapat meningkatkan posisi situs atau blog saya di Google? Ini merupakan pertanyaan umum bagi semua webmaster atau orang yang memiliki situs atau blog. Meskipun ada situs yang tidak ingin diindeks Google karena alasan tertentu, namun mendapatkan peringkat di atas dari hasil penelusuran Google adalah harapan semua webmaster.

Meningkatkan Posisi Website di Google

Jika kamu mencari kata kunci seperti “situs gratis” di Google, maka Google akan mencantumkan halaman yang menurut mesin pencari paling sesuai dengan kata kunci yang kamu tulis. Namun algoritme Google sangat kompleks sehingga posisi hasil yang ditampilkan buat kamu, dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Lentera SEO ingin memberikan tips dasar untuk meningkatkan peringkat situs kamu, berdasarkan pengalaman dan referensi dari beberapa sumber. Jika kamu ingin menggali lebih dalam topik ini, kamu dapat menemukan tautan ke artikel seo lebih lanjut di bagian sidebar.

Meningkatkan Posisi Website di Google

Sebenarnya ada 3 (tiga) tips dasar agar posisi website meningkat di SERP Google.

1. Konten adalah Raja

Ada pepatah di antara mengoptimalkan mesin pencari yaitu “konten adalah raja”. “Konten” mengacu pada artikel situs. Pepatah menyatakan bahwa situs dengan banyak konten bermutu merupakan hal penting untuk posisinya di Google.

Jika situs kamu secara umum adalah tentang topik “kucing”, kamu harus menawarkan informasi tentang kucing sebanyak mungkin kepada pengunjung. Tetapi jangan menulis teks artikel untuk Google, tulis untuk pengunjung situs kamu dengan informatif, enak dibaca dan mudah dipahami.

Algoritma Google sudah semakin sangat cerdas. Jika seseorang membuat artikel yang panjang namun dengan kualitas buruk, maka hanya untuk diindeks dan lebih lanjut tidak ditampilkan di depan halaman hasil pencarian.

2. Tautan dan lebih banyak Tautan (Backlink)

Mesin pencari menganggap tautan (backlink) sebagai jenis “rekomendasi” apakah situs tertaut (yang diberi tautan/backlink) berkualitas tinggi atau tidak. Pada dasarnya kamu bisa mengatakan: semakin banyak situs web yang telah menetapkan tautan ke situs kamu, semakin baik peringkat situs kamu di mesin pencari.

Baca juga tentang Layanan Untuk Berhenti Donasi di UNICEF

Ada ribuan cara berbeda untuk mendapatkan tautan. Berikut tiga tip sederhana:

  • Apakah kamu mengenal seseorang yang memiliki blog? Kemudian minta dia untuk mengatur membuat tautan ke situs kamu.
  • Cari tahu situs lain apakah memiliki topik yang sama seperti milik kamu dan cari tahu situs mana yang telah ditautkan oleh situs pesaing. Tanyakan kepada admin/operator situs yang ditautkan, apakah mereka juga bisa mengatur tautan ke situs kamu.
  • Tautan ke situs kamu sering muncul jika memiliki situs yang bagus dengan banyak konten yang menarik. Ini karena orang lain, dengan topik serupa, cenderung menautkan konten kamu jika mereka merasa tertarik dan ingin membagikannya dengan pengunjung di beranda mereka sendiri.

3. Bersabarlah

Google cukup sering mengubah peringkatnya. Jika situs kamu relatif baru, perlu waktu hingga kamu mendapatkan posisi yang baik di Google. Ini karena sejumlah alasan: Pertama-tama Google perlu mengakui bahwa situs kamu ada.

Google telah mengembangkan program GoogleBot yang mencari situs-situs yang ada di internet. Googlebot akan lebih sering berkunjung di situs-situs lama yang sudah dikenalnya dibandingkan dengan situs baru.

Seperti disebutkan di awal artikel, ada banyak cara berbeda untuk meningkatkan peringkat situs kamu. Ini merupakan informasi dasar seperti menciptakan Tampilan Baik Dalam Hasil Pencarian.

 

Meningkatkan Posisi Website di Google

You May Also Like

Tentang : Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

Tinggalkan Balasan