Laporan Kinerja Blog Menurun di Google Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan layanan gratis dari Google untuk mengetahui kinerja SEO blog (memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah) di hasil penelusuran google. Meskipun tidak harus mendaftar ke GSC agar blog dicantumkan di hasil penelusuran milik Google, namun dengan Search Console akan membantu untuk memahami dan meningkatkan SEO blog sesuai dengan cara kerja Google.

Kinerja Blog di Google Search Console

Laporan Kinerja Blog Menurun di GSC

Saya sendiri pengguna setia GSC sejak awal ngeblog, yang dulu dikenal dengan nama Google Webmaster Tool (GWT), dan belum pernah menggunakan tool premium lainnya, selain milik Google untuk memantau kinerja blog.

Misalnya, jika GSC mengubah metode agregasi data atau ada kesalahan pencatatan, pemilik blog mungkin melihat penurunan atau masalah di bagan.

Dengan kata lain, meskipun pemilik blog telah melakukan optimasi sesuai saran Google, namun di suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, misalkan terjadi penurunan drastis, mungkin saja data yang ada di GSC tidak valid.

Berikut ini anomali atau penyimpangan atau keanehan yang terjadi di Google Search Console (GSC).

Laporan kinerja (Hasil Penelusuran / Temukan) 2021

23-24 Agustus (Telusuri, Temukan)

Masalah internal menyebabkan hilangnya data dalam kinerja Penelusuran dan Penemuan selama periode ini. Pengguna mungkin melihat penurunan data yang signifikan dalam laporan kinerja mereka selama periode ini. Ini tidak mencerminkan penurunan klik atau tayangan untuk situs Anda, hanya data yang hilang di Search Console.

21–27 Juli (Pencarian)

Karena masalah internal, Anda mungkin melihat penurunan performa cuplikan Ulasan dan hasil kaya Produk selama periode ini. Kami mohon maaf atas masalah yang mungkin ditimbulkan pada situs Anda.

6 April (Penelusuran)

Search Console menyempurnakan algoritme untuk menghitung tayangan gambar di hasil Penelusuran. Akibatnya, Anda mungkin melihat sedikit penurunan pada tayangan gambar Anda di Penelusuran. Ini bukan penurunan tayangan sebenarnya, hanya penghitungan tayangan gambar yang lebih akurat saat type=image ditentukan dalam laporan Kinerja Penelusuran.

16 Februari (Temukan)

Sebelumnya, jika pemirsa mengklik Cerita Web di Discover, lalu melanjutkan dari sana ke Cerita Web tambahan, hanya Cerita Web pertama yang dikreditkan dengan tayangan dan klik. Mulai tanggal ini dan seterusnya, setiap Cerita Web tambahan yang dicapai dari Cerita Web pertama di Discover juga akan dikreditkan dengan tayangan dan klik dalam laporan Performa untuk Discover. Oleh karena itu, Anda mungkin melihat peningkatan pada data Discover Anda.

Selain Laporan kinerja, terkadang ada penyimpangan atau keanehan yang terjadi di Google Search Console, untuk:

  • Hapus Laporan Hapus URL
  • Alat Inspeksi URL
  • Laporan Statistik Perayapan
  • Laporan Kegunaan Seluler
  • Laporan Cakupan Indeks
  • Laporan Penargetan Internasional
  • Laporan peningkatan AMP
  • Laporan hasil kaya
  • Data Web Inti

Jadi, jika ada penyimpangan atau keanehan di laporan GSC, jangan terburu-buru mencari-cari kesalahan yang mungkin kita perbuat. Bisa saja GSC-nya ada masalah. Biasanya akan diumumkan di https://support.google.com/webmasters.

Meskipun tool ini milik Google, namun bukan berarti paling bagus untuk memantau kinerja blog. Terkadang, ada peristiwa di GSC yang dapat memengaruhi data laporan. Dan peristiwa ini bukan disebabkan oleh kinerja blog kita, melainkan disebabkan oleh sistem di GSC sendiri.

 

Laporan Kinerja Blog Menurun di Search Console

About the Author: Lentera SEO

Cuma catatan kecil dari blogger amatir yang lagi belajar ngeblog

You May Also Like

Tinggalkan Balasan